Berpidato di Unhan, Prabowo Singgung Soal Koneksi: Kamu Anaknya Siapa, Ponakannya Siapa...
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di lingkungan Istana Negara, Jakarta, Senin (26/3/2023) sore. [ANTARA/Desca Lidya Natalia]
16:16
12 Februari 2024

Berpidato di Unhan, Prabowo Singgung Soal Koneksi: Kamu Anaknya Siapa, Ponakannya Siapa...

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyinggung istilah 'koncoisme' saat berpidato dalam acara wisuda Universitas Pertahanan (Unhan), Senin (12/2/2023). Koncoisme disinggungnya ketika berbicara soal budaya memiliki 'koneksi' dalam pemberian penghargaan di Indonesia.

"Kebiasaan kita adalah nanti koneksi, koncoisme, kamu anaknya siapa, kamu ponakannya siapa, dan sebagainya," kata Prabowo.

Padahal, semestinya Indonesia sudah bisa menerapkan merit system dalam pemberian promosi maupun penghargaan.

"Kalau negara kita mau maju, mau hebat (maka) yang dihormati, yang dihargai, yang harus segera dipromosikan perlu segera diberi penghargaan (adalah) mereka yang berprestasi. Kita harus menuju ke arah merit system," tuturnya.

Sebabnya, sistem tersebut sudah diterapkan oleh negara-negara maju.

Adapun merit system yang dimaksud Prabowo ialah sistem perpaduan antara kompetensi dan prestasi di dalam manajemen sumber daya manusia (SDM).

Dengan demikian, seseorang yang mendapatkan kesempatan untuk dipromosikan bahkan mendapatkan penghargaan bukan sembarang.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Partai Gerindra tersebut menekankan agar Unhan terus menerapkan merit system.

"Ada anaknya petani, ada anaknya pekerja pelabuhan, ada anaknya penjual bakso di pasar. Ini membanggakan hati saya, membesarkan hati saya. Ini adalah Indonesia yang kita cita-citakan," tuturnya.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #berpidato #unhan #prabowo #singgung #soal #koneksi #kamu #anaknya #siapa #ponakannya #siapa

KOMENTAR