Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran Jalan Protokol Jakarta yang Rusak Bakal Diperbaiki
Seorang pemulung dengan grobaknya melintas di Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat Selasa(12/1/2021). Jalan termasuk jalan protokol di Jakarta.(WARTAKOTA/Henry Lopulalan) 
18:42
16 Oktober 2024

Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran Jalan Protokol Jakarta yang Rusak Bakal Diperbaiki

- Perbaikan jalan-jalan protokol di kota Jakarta yang kondisinya rusak bakal dikebut. Hal tersebut dilakukan menjelang pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka pada Minggu(20/10/2024) mendatang. 

Perbaikan tersebut mesti dilakukan lantaran nantinya jalan-jalan protokol ibukota bakal dilintasi banyak pejabat negara juga tamu-tamu dari negara sahabat.

“Barusan tadi saya selesai rapat terkait kesiapan wilayah DKI Jakarta (jelang pelantikan presiden). Ya tentunya kami akan melakukan beautifikasi,” ujar Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu(16/10/2024).

“Perbaikan jalan kami lakukan karena ada tamu negara, ada yang di (Bandara) Halim dan Soekarno Hatta,” tambah eks Wali Kota Jakarta Utara ini.

“Termasuk juga di jalan-jalan protokol yang akan dilalui oleh kepala negara yang akan hadir pada saat pelantikan besok,” sambungnya.

Sebagai informasi, masa jabatan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin bakal segera berakhir.

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pun bakal dilantik Minggu (20/10/2024) mendatang.

Hal ini mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024.

Prabowo-Gibran nantinya bakal dilantik dan mengucap sumpah di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat.

Wakil Ketua MPR RI, Muhammad Akbar Supratman menyebut akan ada setidaknya 21 tamu dari negara-negara sahabat yang hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Selain dihadiri Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin, MPR akan mengundang para kontestan Pilpres 2024. Para peserta Pilpres 2024 itu adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sementara itu Pusat Zeni TNI Angkatan Darat (Pusziad) menyiapkan Detasemen Penjinakan Bahan Peledak (Jihandak) untuk pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024 - 2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024 mendatang.

TNI akan menggelar operasi pengamanan VVIP dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024 - 2029 selama delapan hari mulai 16 Oktober 2024 hingga 23 Oktober 2024. 

Polisi bakal mengerahkan sebanyak 15 ribu personel guna mengamankan jalannya pengambilan sumpah Prabowo-Gibran. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga menggelar Operasi Zebra Jaya 2024 dalam rangka mengawal kesuksesan pelantikan presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali menuturkan operasi tersebut dilakukan mulai Senin 14 Oktober hingga 27 Oktober 2024. 

Editor: willy Widianto

Tag:  #jelang #pelantikan #prabowo #gibran #jalan #protokol #jakarta #yang #rusak #bakal #diperbaiki

KOMENTAR