Terpilih jadi Ketua MA Periode 2024-2029, Sunarto: Alhamdulillah Allah Mengabulkan Doa Saya
Hakim Agung Sunarto terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung periode 2024-2029. (Istimewa)
13:40
16 Oktober 2024

Terpilih jadi Ketua MA Periode 2024-2029, Sunarto: Alhamdulillah Allah Mengabulkan Doa Saya

  Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Sunarto resmi terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2024-2029 melalui pemungutan suara, yang digelar di Gedung MA, Jakarta, Rabu (16/10). Sunarto mengucap syukur atas terpilih dirinya sebagai Ketua MA periode 2024-2029.
  "Saya mengucap syukur alhamdulillah kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunianya sidang paripurna istimewa ini dapat berjalan dengan lancar dan tanpa ada hambatan apapun," kata Sunarto saat menyampaikan sambutan usai terpilih sebagai Ketua MA, di Gedung MA, Jakarta, Rabu (16/10).   Sunarto menyatakan bahwa Tuhan telah mengabulkan doanya. Dalam doanya, ia meminta jika jabatan Ketua MA membawa kemaslahatan maka akan dijalankan sesuai dengan amanah tersebut.  

  "Saya mengucapkan alhamdulillah kepada Allah SWT yang telah mengabulkan doa saya, sebagaimana saya sampaikan dalam beberapa waktu yang lalu dalam setiap kesempatan, doa saya adalah, Ya Allah kalau jabatan ini akan membawa kepada kemaslahatan berikan kepada saya, tapi seandainya apabila jabatan ini membawa kemudaratan bagi diri saya, keluarga saya, masyarakat, bangsa dan negara saya, berikanlah kepada yang lain, dan Allah telah menjawab doa tersebut," ucap Sunarto.   Sunarto menyampaikan terima kasih atas dukungan para hakim agung. Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap tiga hakim agung lainnya yang telah bersedia menjadi calon Ketua MA.   "Ucapan terimakasih atas kepercayaan yang besar, yang diberikan oleh Yang Mulia para Hakim Agung yang memilih saya dan yang telah memilih rekan saya, Yang Mulia Prof Yulis, Yang Mulia Prof Haswandi dan Yang Mulia Bapak Susilo," ujar Sunarto.  

  Sebagaimana diketahui, MA menggelar Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Ketua MA RI. Sebanyak empat hakim agung mencalonkan diri menjadi Ketua MA.   Jumlah hakim agung yang mempunyai hak untuk dipilih dan memilih sebanyak 46 orang. Sebanyak 44 orang hadir langsung di ruang pemilihan dan satu lainnya hadir dari Ruang Transit lantai 14 Gedung MA, sedangkan satu hakim agung lainnya absen.   Sunarto mengalahkan tiga hakim agung lain yang juga mencalonkan diri menjadi Ketua MA. Mereka yakni, Haswandi yang memperoleh dukungan empat suara, Soesilo satu suara, dan Yulius tujuh suara. Sementara, terdapat dua suara tidak sah dan satu abstain.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #terpilih #jadi #ketua #periode #2024 #2029 #sunarto #alhamdulillah #allah #mengabulkan #saya

KOMENTAR