Profil Nasaruddin Umar, Imam Besar Pertama yang jadi Menteri Jika Benar Dipilih Prabowo
Rektor PTIQ, Prof. Dr. KH. Nasarudin Umar ketika menjadi pembicara dalam acara Halaqah Nasional di Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/4) malam.( Dok.JawaPos.com)
10:24
15 Oktober 2024

Profil Nasaruddin Umar, Imam Besar Pertama yang jadi Menteri Jika Benar Dipilih Prabowo

-  Prof Nasaruddin Umar kabarnya dipilih Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk membantunya di pemerintahan. Hal itu menguat setelah mantan Wakil Menteri Agama itu diundang ke kediaman pribadi Prabowo di Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tadi malam, Senin (14/10).

Selain Nasaruddin Umar, ada sejumlah nama lain yang juga turut dipanggil Prabowo Subianto. Mereka adalah Tito Karnavian,Fadli Zon, Saifullah Yusuf, Nusron Wahid, Maruarar Sirait, Abdul Kadir Karding, Wihaji, Teuku Riefky Harsya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Arifatul Choiru Fauzi, dan lain-lain.

Jika benar Prof Nasaruddin Umar dipilih menjadi Menteri untuk membantu Prabowo Subianto di pemerintahan, maka dia akan menjadi Imam Besar Masjid Istiqlal pertama yang menjabat posisi sebagai menteri.

Karena sejumlah tokoh yang sempat menjadi Imam Besar Masjid Istiqlal sebelumnya belum pernah ada yang menduduki posisi sebagai menteri. Almarhum KH. Muchtar Natsir, Imam Besar Masjid Istiqlal, selama 24 tahun, pernah menjabat sebagai Kanwil Departemen Agama dan Direktur Urusan Agama Islam Departemen Agama.

Profil Nasaruddin Umar

Nasaruddin Umar lahir di Ujung, Dua Boccoe, Bone, Sulawesi Selatan, 23 Juni 1959. Dia merupakan salah satu tokoh Islam di Indonesia.

Nasaruddin Umar lulus S1 dari Fakultas Syari’ah IAIN Alauddin Ujung Pandang dan terpilih menjadi sarjana teladan. Dia merupakan lulusan S2 dan S3 dari IAIN syarif Hidayatullah Jakarta.

Selain aktif sebagai dosen dan kegiatan dakwah, Nasaruddin Umar juga sempat menulis sejumlah buku yang sumbangsih pemikirannya menarik perhatian banyak orang. Misalnya buku berjudul Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Quran.

Tak hanya itu, Nasaruddin Umar juga termasuk tokoh agama yang memiliki perhatian yang cukup serius untuk keharmonisan antar umat beragama. Dia termasuk pendiri organisasi lintas agama untuk Masyarakat Dialog antar Umat Beragama.

Dia memiliki tingkat toleransi yang tinggi antar umat beragama. Hal itu diekspresikannya secara kongkret dengan mencium kening Paus Fransiskus saat kunjungannya ke Indonesia pada awal September 2024 lalu.

Nasaruddin Umar pernah menjabat Dirjen di Departemen Agama dan sebagai Wakil Menteri Agama. Selain itu, dia juga pernah menjadi anggota Tim Penasehat Inggris-Indonesia yang didirikan mantan perdana menteri Inggris, Tony Blair.

Berkat kiprahnya sebagai tokoh agama, Nasaruddin Umar mendapat sejumlah pernghargaan. Dua diantaranya mendapat penghargaan Bintang Karya Satya dari Presiden RI pada 2001 silam dan Bintang Mahaputera Utama dari Presiden RI tahun 2014.

Editor: Kuswandi

Tag:  #profil #nasaruddin #umar #imam #besar #pertama #yang #jadi #menteri #jika #benar #dipilih #prabowo

KOMENTAR