Hari Ini 12 Oktober 2024 Merupakan Peringatan Hari Museum Nasional dan Hari Musik Universal
Ilustrasi: Hari ini, 12 Oktober 2024 menandai Hari Museum Nasional dan Hari Musik Universal. (Jagran Josh)
13:40
12 Oktober 2024

Hari Ini 12 Oktober 2024 Merupakan Peringatan Hari Museum Nasional dan Hari Musik Universal

- Hari ini, Sabtu, 12 Oktober 2024, ternyata terselip hari peringatan untuk masyarakat Indonesia. Tak banyak yang tahu, ternyata setiap 12 Oktober biasa diperingati sebagai Hari Museum Nasional.

Selain Hari Museum Nasional di Indonesia, ternyata ada satu hari peringatan lainnya. Hari tersebut yakni Hari Musik Universal atau Universal Music Day yang diperingati secara global.

Untuk Hari Museum Nasional, menilik sejarahnya, Hari Museum Nasional bermula dari Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang pertama kali diselenggarakan pada 12-14 Oktober 1962 di Jogjakarta. Kegiatan MMI ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari tokoh museum, pimpinan, pemerhati, dan pencinta museum. Salah satu tokoh penting dalam pertemuan ini adalah Drs. Moh. Amir Sutaarga.

Nama tersebut dikenal sebagai Bapak Permuseuman Indonesia. Hasil dari musyawarah tersebut melahirkan sepuluh resolusi yang menjadi dasar bagi pengembangan museum di Indonesia, demikian dilansir dari Radar Jogja (Jawa Pos Group).

Beberapa di antaranya adalah rekomendasi untuk pembentukan Undang-undang khusus tentang museum, pembentukan Badan Musyawarah Museum Indonesia, serta pentingnya dukungan pemerintah untuk peningkatan jumlah dan kualitas museum di seluruh Indonesia.

Selain itu, resolusi tersebut juga menekankan pentingnya pembinaan dan pendidikan tenaga museum melalui kursus dan pelatihan, hingga memasukkan museologi dalam kurikulum universitas.

Fungsi museum sebagai sarana untuk kepentingan sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan persahabatan antarbangsa juga ditekankan dalam pertemuan tersebut.

Penetapan Hari Museum Nasional

Penetapan 12 Oktober sebagai Hari Museum Nasional baru disahkan pada 2015, saat Musyawarah Museum Indonesia digelar di Kota Malang pada 26-28 Mei. Sejak saat itu, setiap tahunnya tanggal ini diperingati sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya museum dalam pelestarian budaya dan ilmu pengetahuan.

Sementara terkait Hari Musik Universal atau Universal Music Day, selalu diperingati setiap Sabtu kedua di bulan Oktober yang tepatnya pada tanggal 12 Oktober tahun ini.

Hari ini juga merupakan hari bagi orang-orang untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara-cara kreatif lainnya. Karena alasan ini, hari ini juga dikenal sebagai Hari Ekspresi Diri Universal.

Banyak orang mengatakan bahwa musik adalah cara untuk menyatukan orang-orang di seluruh dunia. Hari Musik Universal sendiri dimaknai beragam oleh para musisi kenamaan dunia.

Mengutip National Day Calendar, bahkan Nelson Mandela pernah berkata, “Musik adalah berkah yang luar biasa. Musik memiliki kekuatan untuk mengangkat dan membebaskan kita. Musik membebaskan orang untuk bermimpi. Musik dapat menyatukan kita untuk bernyanyi dengan satu suara. Itulah nilai musik.”

Editor: Edy Pramana

Tag:  #hari #oktober #2024 #merupakan #peringatan #hari #museum #nasional #hari #musik #universal

KOMENTAR