Pindad Senapan Anti-Drone SPS-1, Spesifikasi dan Kecanggihannya
Prajurit TNI tampil di acara puncak HUT ke-79 TNI dengan menggunakan SPS-1 Anti Drone Pembunuh UAV dan Rantis Maung buatan PT Pindad. (PT. Pindad)
11:16
11 Oktober 2024

Pindad Senapan Anti-Drone SPS-1, Spesifikasi dan Kecanggihannya

- Untuk kali kedua, PT Pindad menunjukkan senjata baru yang mereka kembangkan dan produksi di dalam negeri. Yakni Pindad Senapan Anti-Drone SPS-1. Senjata anti drone yang diluncurkan bertepatan dengan HUT ke-79 Republik Indonesia itu tampil dalam acara puncak peringatan HUT ke-79 TNI pada 5 Oktober lalu. 

”Pada tahun ini, PT Pindad memperkenalkan produk kendaraan Maung MV3 Mobile Jammer 4x4 dan Senjata Anti Drone SPS-1 pada demonstrasi pengamanan tamu VVIP dan operasi anti drone TNI,” tulis PT Pindad dalam keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com

SPS-1 merupakan singkatan dari Senjata Pelumpuh Senyap Seri 1. PT Pindad mengembangkan senapan anti drone itu untuk merespons perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan TNI. Saat ini, drone menjadi salah satu alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang kerap dipakai dalam berbagai operasi militer. Karena itu, TNI harus punya penangkal dan penghancur drone. 

Pindad Senapan Anti-Drone SPS-1 menjadi jawabannya. Dengan spesifikasi dan kecanggihannya, senjata tersebut bisa diandalkan oleh TNI untuk melumpuhkan drone musuh dari jarak dekat maupun jarak jauh. Pindad juga merancang SPS-1 anti drone untuk lebih efisien dan lebih mudah saat digunakan oleh TNI dalam medan tugas. 

”SPS-1 adalah produk senjata terbaru pengembangan PT Pindad dengan kemampuan menonaktifkan drone pada jarak 500 meter dan dapat menghancurkan drone pada jarak 150 meter,” terang PT Pindad. 

Senjata yang dibuat dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) optimal itu menjadi produk pertama di dunia yang mampu mengintegrasikan senjata soft skill atau anti drone dan hard kill atau senjata api. Pindad Senapan Anti-Drone SPS-1 dipastikan seratus persen dikembangkan di dalam negeri oleh tangan-tangan terampil anak bangsa. 

Dalam keterangan yang disampaikan oleh PT Pindad di laman resmi mereka, SPS-1 merupakan senjata pelumpuh drone yang dioperasikan oleh seorang personel. Senjata canggih buatan dalam negeri itu cocok digunakan untuk kebutuhan mobilitas tinggi. Tidak hanya itu, kecanggihan SPS-1 anti drone juga ada pada sumber tenaga yang digunakan, tenaga baterai yang tidak bergantung pada power system static

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #pindad #senapan #anti #drone #spesifikasi #kecanggihannya

KOMENTAR