Spesifikasi Lengkap Tank Harimau, Medium Tank Buatan PT Pindad
Harimau, medium tank buatan PT Pindad turut serta dalam acara puncak HUT ke-79 TNI pada Sabtu (5/10). (PT Pindad)
09:48
10 Oktober 2024

Spesifikasi Lengkap Tank Harimau, Medium Tank Buatan PT Pindad

 

 

Harimau Medium Tank atau lebih dikenal dengan nama Tank Harimau merupakan medium tank pertama yang dibuat oleh anak bangsa. Alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk TNI AD itu diproduksi oleh PT Pindad yang berkantor pusat di Bandung, Jawa Barat. Sebagai salah satu alutsista andal, Tank Harimau dibekali dengan sejumlah spesifikasi mumpuni. 

Dalam keterangan resmi dari PT Pindad yang diterima oleh JawaPos.com, dijelaskan bahwa Tank Harimau memiliki sistem senjata utama berupa kanon dengan kaliber 105 milimeter. Selain itu, Tank Harimau juga dilengkapi dengan senapan mesin kaliber 7,62 milimeter. Sistem senjata tersebut turut didukung dengan beberapa teknologi modern lainnya. 

”Tank Harimau dilengkapi teknologi modern seperti Laser Warning System dan Battle Management System,” ungkap PT Pindad. 

Menurut salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang industri pertahanan (inhan) itu, Tank Harimau didesain khusus untuk mampu beroperasi secara maksimal di daerah operasi tropis seperti hutan. Dengan ukuran dan bobot yang lebih kecil dibandingkan main battle tank, Tank Harimau dapat bergerak lebih lincah dan gesit. 

Sistem senjata yang dipasangkan pada Tank Harimau dipastikan memiliki daya gempur maksimal. Menjelang acara puncak HUT ke-79 TNI beberapa waktu lalu, Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyerahkan delapan unit Tank Harimau kepada TNI. Serah terima dihadiri secara langsung oleh Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto. 

”Dukungan dari pemerintah dalam hal ini Kemhan Republik Indonesia merupakan hal yang penting karena memiliki peranan besar dalam meningkatkan kapabilitas TNI untuk menghadapi tantangan yang ada, serta krusial untuk menjaga keamanan nasional,” kata Jenderal Agus. 

Dari segi ukuran dan bobot, Tank Harimau tentu lebih kecil bila dibandingkan dengan main battle tank seperti Tank Leopard. Tank Harimau hanya diisi oleh tiga orang awak atau tentara. Bobotnya juga berkisar antara 30-35 ton. Karena itu, Tank Harimau dapat melaju cepat dengan kecepatan maksimum mencapai 70 kilometer per jam. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #spesifikasi #lengkap #tank #harimau #medium #tank #buatan #pindad

KOMENTAR