Mantan Pimpinan KPK Berharap Prabowo Ikuti Jejak Mahfud MD Lepaskan Jabatan Menteri
Direktur Eksekutif Kemitraan, Laode M Syarif ditemui wartawan di Gedung KPK C1, Kamis (1/2/2024). (Suara.com/Yaumal)
16:36
1 Februari 2024

Mantan Pimpinan KPK Berharap Prabowo Ikuti Jejak Mahfud MD Lepaskan Jabatan Menteri

Direktur Eksekutif Kemitraan, Laode M Syarif mengapresiasi langkah yang diambil oleh cawapres nomor urut 3, Mahfud MD yang mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam.

Laode menilai langkah yang diambil Mahfud, seharusnya juga diikuti oleh capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

PSI dan Empat Partai Lainnya Dicoret dari Peserta Pemilu di Jateng, kalau Dapat Suara Tak Akan Dihitung

Ada Sosok Ini Yang Punya Pengaruh Besar, Prabowo-Gibran Semakin Kuat di Bogor

Menurut mantan komisioner KPK ini, langkah yang diambil Mahfud sudah tepat untuk menghindari konflik kepentingan sebagai calon presiden nomor urut tiga, mendampingi Ganjar Pranowo.

"Saya pikir, menurut saya dengan menyatakan mundur, saya pikir itu adalah sesuatu yang sangat bagus ya, untuk mengurangi conflict of interest dari para calon, dan mudah-mudahan itu diikuti oleh calon presiden yang lain," kata Laode ditemui wartawan di Gedung KPK C1, Kamis (1/2/2024).

Laode bilang, mereka dari masyarakat sipil juga berharap, langkah yang diambil Mahfud itu diikuti oleh calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto, yang sampai saat ini masih menjabat sebagai menteri pertahanan.

"Kan yang menjabat menteri ada dua, satu Pak Prabowo, satu Pak Mahfud. Pak Mahfud sekarang sudah mengundurkan diri. Ya, semoga saja mungkin akan lebih bagus kalau Pak Prabowo juga untuk mengundurkan diri, itu dari suara masyarakat sipil," katanya.

Mahfud Mundur

Mahfud MD mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Menko Polhukam, saat melakukan kampanye di Pura Ulun Danu, di tengah Danau Tirta Gangga, Desa Swastika Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah, Rabu (31/1/2024).

Dalam kampanye tersebut, Mahfud membawa surat pengunduran dirinya yang nantinya akan diserahkan langsung ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika ia bertemu dengan Presiden RI ini.

"Saudara-saudara sekalian, saya ada di Pura Ulun Danu yang letaknya di tengah Danau Tirta Gangga. Hari ini saya ingin menjawab pertanyaan yang muncul siang dan malam sejak tanggal 23 Januari itu kan saya menyampaikan bahwa paslon itu supaya mundur termasuk saya. Dan saya bersama Pak Ganjar sepakat saya ingin mundur, tetapi menunggu momentum," kata Mahfud.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #mantan #pimpinan #berharap #prabowo #ikuti #jejak #mahfud #lepaskan #jabatan #menteri

KOMENTAR