Soal Kabinet Gemuk, Prabowo: Negara Kita Besar, Bung!
Presiden terpilih RI Prabowo Subianto akhirnya mengakui bahwa kabinet yang disusunnya nanti akan lebih besar karena banyak Kementerian/Lembaga (K/L) baru. (Nurul Fitriana/JawaPos.com)
21:24
9 Oktober 2024

Soal Kabinet Gemuk, Prabowo: Negara Kita Besar, Bung!

- Presiden terpilih RI Prabowo Subianto akhirnya mengakui bahwa kabinet yang disusunnya nanti akan lebih besar karena banyak Kementerian/Lembaga (K/L) baru. Prabowo bahkan mengetahui ada banyak pihak yang sering menyebutnya sebagai 'Kabinet Gemuk'. Merespons itu, Prabowo mengatakan bahwa Republik Indonesia (RI) adalah negara besar.

Bahkan, karena banyak partai yang telah mendukungnya, ia pun berkomitmen untuk membentuk pemerintahan persatuan nasional yang kuat.

"Karena saya ingin membentuk pemerintahan persatuan nasional yang kuat, terpaksa koalisinya besar. Nanti akan dibilang, oh kabinet Prabowo kabinet gemuk, banyak. Ya negara kita besar, bung!" kata Prabowo dalam acara BNI Investor Daily Summit di Jakarta, Rabu (9/10).

Lebih lanjut, Prabowo juga membandingkan Indonesia dengan negara lain. Menurutnya, luas wilayah RI sama dengan di Eropa yang memiliki 27 negara.

Kemudian, ia juga membandingkan dengan Timor Leste yang penduduknya lebih sedikit dan luas wilayahnya lebih kecil dari Kabupaten Bogor. Negara itu, kata dia, justru memiliki menteri yang banyak mencapai 28 orang.

"Timor Leste jumlah penduduknya itu 1,3 juta kalau tidak salah, lebih kecil dari Bogor, Kabupaten Bogor. Kabinetnya, menterinya tau enggak ada berapa? Ada 28 menteri. Kenapa? karena dia koalisi juga," jelasnya.

Prabowo juga mengungkapkan, bisa saja dirinya hanya membentuk kabinet yang mungil dengan menteri berkisar 20-24 orang. Namun, ia menilai hal itu hanya berlaku untuk negara otoriter yang hanya memiliki satu partai.

Namun, ia mengklaim, harus merangkul seluruh kelompok dan perwakilan dari Indonesia Barat hingga Tengah. Termasuk dari beragam suku yang berbeda.

"Kalau kita negara otoriter hanya satu partai, ya bisa jalankan negara ini hanya dengan 20 menteri atau 24 menteri. Tapi saya harus merangkul, semua kelompok harus ada perwakilan, harus ada perwakilan dari Indonesia timur, Indonesia Barat, Indonesia Tengah, dari suku A, suku B, karena ini Indonesia dan memang pekerjaan kita berat," pungkas Prabowo.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #soal #kabinet #gemuk #prabowo #negara #kita #besar #bung

KOMENTAR