Lutfi Beri Nilai 8,625 untuk Gibran, Ungguli Cak Imin dan Mahfud MD
Muhammad Lutfi, mantan Mendag RI. [ANTARA]
17:40
31 Januari 2024

Lutfi Beri Nilai 8,625 untuk Gibran, Ungguli Cak Imin dan Mahfud MD

Muhammad Lutfi memberikan penilaian kepada calon wakil presiden (Cawapres) Indonesia. Diduga, penilaian itu berasal dari hasil debat cawapres yang sudah berlangsung 2 kali.

Video penilaian Lutfi kepada para cawapres diunggah di akun TikToknya, @mmd.lutfi. Di awal video, Lutfi menyebut ia memberikan penilaian yang kritis kepada penampilan ke-3 cawapres saat debat.

Ia menyebut, penilaian itu bisa dibedah dengan analisa objektif. Ia bahkan ingin membantu masyarakat untuk bisa menilai para cawapres.

"Dimulai dari Cawapres 01, yaitu Bapak Muhaimin Iskandar atau Gus Imin. Dalam komunikasi, dia memberikan kontribusi yang berarti. Dengan skor komunikasi, 7,5," ucapnya, dikutip Rabu (31/01/2024).

Ia mengatakan, visi-misi Cak Imin cukup relevan. Namun, terkadang membutuhkan penjelasan yang lebih detail. Maka dari itu, Lutfi memberikan skor untuk visi-misi Cak Imin sebanyak 7,0.

Untuk kharismanya Cak Imin, diakui Lutfi auranya positif dan memberikan optimisme kepada penonton. Untuk hal itu, skor yang diberikan 7,5.

"Responnya saat debat juga menunjukkan kemampuan adaptasi yang sangat baik. Skor (respon) 7,0. Sehingga total skor rata-rata untuk Gus Imin adalah 7,375," terangnya.

Ia pun melanjutkan penilaiannya kepada Gibran Rakabuming Raka. Cawapres dari nomor urut 02 itu disebut Lutfi menunjukkan kematangan yang luar biasa untuk seseorang yang berada direntang umur 30-an tahun.

Skor komunikasi Gibran saat debat cawapres diberi 8,0 oleh Lutfi. Gibran juga dianggap berhasil menyampaikan pesan yang sangat jernih dan efektif.

"Dalam hal visi dan misi, bahwa Mas a Gibran menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap isu-isu teknologi dan inovasi Indonesia. Memberinya skor (visi) 8,5," tambahnya.

Lutfi mengakui, kharismanya Gibran tak terbantahkan. Alasannya, karena Gibran mampu menarik perhatian penonton dengan semangat mudanya. Skor kharisma Gibran diberi nilai 9,0.

Soal respon Gibran dalam menanggapi pertanyaan juga sangat mengesankan Lutfi. Gibran terkesan menguasai materi.

"Sehingga memberinya skor (respon) 9,0. Secara keseluruhan Mas Gibran mendapatkan skor rata-rata 8,625," bebernya.

Terakhir, penilaian Lutfi untuk Mahfud MD. Cawapres 03 ini dianggap Lutfi dalam aspek komunikasi menunjukkan keahliannya. Lutfi tak meragukan itu dan memberikan skor komunikasi Mahfud MD 9,0.

Visi-misi, yang disampaikan Mahfud juga dianggap kaya akan wawasan yang mendalam. Untuk visi, Mahfud memberikan skor 8,0.

"Secara kharisma, beliau adalah seorang yang terpandang di dunia politik. Dengan reputasi yang baik. Skor (kharisma) 8,0. Responnya dalam debat juga sangat baik. Walau ada pertanyaan yang beliau hindari bahkan tidak mau menjawab, yang memberinya skor (respon) hanya 7,0. Jadi total skor rata-rata dari Bapak Prof Mahfud MD adalah 8,000," terangnya.

Ia melanjutkan, dengan begitu, rata-rata skor tertinggi dari ke-3 cawapres dan performanya selama musim debat dimenangkan oleh Gibran Rakabuming Raka.

Menurutnya, Gibran selalu memberikan kampanye yang positif, memotivasi anak bangsa untuk terus maju menjadikan Indonesia hebat. Beliau mampu mempresentasikan figur penerus pembangunan Jokowi.

"Hal ini membuktikan bahwa umur bukankah penggalang bagi seseorang untuk menjalankan visi ataupun misi yang optimal untuk kemajuan bangsa Indonesia," lugasnya.

Editor: Denada S Putri

Tag:  #lutfi #beri #nilai #8625 #untuk #gibran #ungguli #imin #mahfud

KOMENTAR