Anggap Angkatan Siber Penting, Besok KSAU Resmikan Skadron Pendidikan Siber
KSAU Marsekal TNI Tonny Harjono menerima laporan kenaikan pangkat enam pati TNI. (Dispenau)
14:24
9 Oktober 2024

Anggap Angkatan Siber Penting, Besok KSAU Resmikan Skadron Pendidikan Siber

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono menyampaikan bahwa Angkatan Siber merupakan hal penting yang perlu untuk dikembangkan.

Dia mengakui bahwa sudah ada perintah dari presiden untuk mengembangkan berbagai hal di ranah siber. Tujuannya untuk menangkal serangan siber. Tonny menyampaikan hal itu kepada awak media di Jakarta pada Rabu (9/10).

”Menurut saya siber adalah hal yang penting untuk kita kembangkan. Jadi, memang sudah ada perintah dari presiden bahwa kita harus mengembangkan siber,” terang dia.

Tonny pun mencontohkan serangan ke Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) beberapa waktu lalu. 

Serangan tersebut berakibat pada layanan beberapa instansi pemerintah kepada masyarakat. Karena itu, TNI AU memandang bahwa pembentukan satuan siber menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan oleh TNI untuk menjawab perkembangan ancaman dan tantangan.

”Angkatan Udara memandang pembentukan satuan siber ini menjadi hal yang penting dan strategis,” imbuhnya. 

Orang nomor satu di TNI AU itu mengakui, saat ini TNI AU sudah memiliki satuan siber. Satuan yang sama juga dimiliki oleh TNI AD, TNI AL, dan Kementerian Pertahanan. Untuk melengkapi keberadaan satuan siber, TNI AU akan membentuk skadron pendidikan siber.

”Besok Kamis (10/10) saya akan meresmikan skadron pendidikan siber kami di Bogor,” terang dia. 

Dengan pembentukan skadron pendidikan siber tersebut, Tonny yakin TNI AU bisa mencetak sumber daya andal untuk mengisi posisi di satuan siber. ”Jadi, skadron pendidikan siber ini kami akan menyiapkan personel-personel Angkatan Udara berkemampuan siber,” kata dia.

Sejauh ini hanya personel TNI AU yang bisa belajar di sana, namun ke depan bisa jadi personel TNI AD, TNI AL, bahkan Polri juga bisa belajar di skadron tersebut.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #anggap #angkatan #siber #penting #besok #ksau #resmikan #skadron #pendidikan #siber

KOMENTAR