Hari Bhakti Imigrasi ke-74 Angkat Tema Transformasi Peran Keimigrasian melalui Strategi Digitalisasi
Kepala Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat, Wahyu Hidayat 
22:36
26 Januari 2024

Hari Bhakti Imigrasi ke-74 Angkat Tema Transformasi Peran Keimigrasian melalui Strategi Digitalisasi

- Hari Bhakti Imigrasi merupakan hari lahir Imigrasi Indonesia yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 26 Januari.

Pada tahun 2024 ini Imigrasi Indonesia memperingati Hari Bhakti yang ke-74, dan mengangkat tema “Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi.”

Kantor Imigrasi Jakarta Pusat turut serta melaksanakan serangkaian acara dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi, diantaranya pelayanan paspor simpatik, donor darah, bakti sosial, upacara tabur bunga, dan pelaksanaan Imigrasi RUN 2024.

Pelayanan paspor simpatik adalah layanan paspor selama bulan Januari yang diadakan setiap hari Sabtu sejak tanggal 6 Januari sampai 20 Januari 2024 dengan kuota walk-in atau datang langsung tanpa melalui aplikasi M-Paspor.

Layanan ini hanya untuk pengajuan permohonan paspor baru atau penggantian paspor habis berlaku.

Masyarakat juga dapat mengajukan permohonan percepatan paspor ataupun permohonan paspor regular di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat yang terletak di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Selain itu, Kepala Kantor dan perwakilan pegawai Kantor Imigrasi Jakarta Pusat mengikuti kegiatan Donor Darah yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.

Kantor Imigrasi Jakarta Pusat juga turut melaksanakan giat Bakti Sosial yang dilakukan di Panti Asuhan Muslimin.

Kegiatan ini diikuti langsung oleh Kepala Kantor, Wahyu Hidayat dan didampingi Pejabat Struktural.serta Dharma Wanita Imigrasi Jakarta Pusat.

Upacara peringatan HBI ke-74 dilaksanakan secara serentak berpusat di lapangan Kementerian Hukum dan HAM RI. Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly bertindak sebagai inspektur upacara yang dilaksanakan pada pagi ini.

“Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas berbagai capaian dan prestasi yang telah diraih sehingga menjadikan Direktorat Jenderal Imigrasi menjadi lebih baik. Prestasi cemerlang dalam peningkatan layanan kepada masyarakat, pengembangan teknologi terkini, serta percepatan dan penyederhanaan dalam proses keimigrasian adalah bukti konkret akan keunggulan kinerja yang telah dicapai," kata Yasonna dalam sambutannya.

Setelah upacara selesai, dilakukan juga tasyakuran dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan penghargaan kepada pegawai dan PPNPN teladan.

Tidak hanya sampai disini, rangkaian kegiatan Hari Bhakti Imigrasi masih akan dilanjutkan dengan event Imigrasi RUN yang terbuka untuk masyarakat umum.

“Imigrasi Run 2024 bertujuan untuk pemerataan penyebaran informasi seputar Imigrasi kepada masyarakat Indonesia (awareness), salah satunya melalui ajakan memulai gaya hidup sehat yang dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kesehatan
masyarakat," kata Wahyu Hidayat selaku Kepala Kantor.

Kegiatan Imigrasi Run 2024 akan digelar di Plaza Parkir Timur, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat pada tanggal 28 Januari 2024.

Acara ini, terdapat beberapa kategori lintasan, diantaranya di antaranya adalah fun walk, lari 5K, dan 10K

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #hari #bhakti #imigrasi #angkat #tema #transformasi #peran #keimigrasian #melalui #strategi #digitalisasi

KOMENTAR