Yandex dan Kominfo Gelar Seminar AI di Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Padjajaran
Yandex dan Kominfo seminar AI di Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Padjajaran (22-23 Januari 2024)
12:32
25 Januari 2024

Yandex dan Kominfo Gelar Seminar AI di Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Padjajaran

Perusahaan teknologi internasional, Yandex serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar seminar Artificial Intelligence (AI) di Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Padjajaran. Penasihat Yandex Education, Ilya Zakharov menjelaskan potensi AI untuk dunia pendidikan.

Ilya mengatakan dengan pendidikan berbantuan AI, manusia akan memiliki lebih banyak ruang untuk belajar kreatif, lebih fokus pada pencapaian soft skill, dan lebih termotivasi untuk belajar berpikir kritis.

Seminar bertajuk “Kecerdasan Buatan dan Etika” ini merupakan rangkaian event seminar setelah sebelumnya digelar di UGM, Yogyakarta pada Desember 2023 lalu. Kali ini seminar di UPI dan Unpad tersebut digelar dua hari (22 dan 23 Januari 2024).

Dalam seminar kali ini, fokus utamanya lebih kepada manfaat besar yang bisa dilakukan AI terhadap pendidikan di Indonesia. Ilya pun menjelaskan bahwa Yandex memiliki produk kecerdasan buatan yang dapat membantu di kalangan akademisi.

Yandex dan Kominfo seminar AI di Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Padjajaran (22-23 Januari 2024)Yandex dan Kominfo seminar AI di Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Padjajaran (22-23 Januari 2024)

Ia menjelaskan penerapan dan potensi AI di masa depan dan pengaruhnya terhadap pendidikan. Ilya memberikan contoh bagaimana platform pendidikan online menggunakan AI dan mempresentasikan beberapa proyek Yandex Education, seperti Yandex Textbook, Yandex Practicum, dan Yandex School of Data Analysis.

Sementara itu, Direktur DIA UPI, Prof. Dr. Achmad Bukhori menyampaikan harapannya agar UPI dan Yandex dapat menciptakan kemitraan sehingga menciptakan peluang dalam industri AI.

"Dengan berkolaborasi dengan Yandex, UPI dapat berpartisipasi dalam kemitraan inovatif yang diharapkan dapat menciptakan perspektif internasional dan memberikan hasil yang berkontribusi terhadap masa depan yang lebih baik bagi umat manusia," ujar Achmad Bukhori.

VP Strategy Yandex Search, Alexander Popovskiy yang juga hadir dalam seminar ini juga berharap agar diskusi ini tidak hanya memberikan ilmu tentang AI. Ia juga mengingatkan pentingnya etika penggunaan AI yang bijaksana.

“Ketika kita berbicara tentang AI, kita perlu mempertimbangkan bahwa tidak hanya perubahan positif yang berdampak ke dalam kehidupan kita, namun juga perannya dalam menciptakan lingkungan digital yang lebih aman. Sebagai perusahaan yang mengembangkan solusi kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, Yandex yakin dalam membangun dan menyebarkan AI dengan cara yang bertanggung jawab dapat menumbuhkan kepercayaan terhadap teknologi yang membentuk masa depan kita,” kata Alexander Popovskiy.

Yandex dan Kominfo seminar AI di Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Padjajaran (22-23 Januari 2024)Yandex dan Kominfo seminar AI di Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Padjajaran (22-23 Januari 2024)

Ia pun menegaskan bahwa ketika Yandex membangun AI versi mereka , para insinyur mengandalkan berbagai prinsip, dan hal yang paling penting adalah keamanan.

"Tentu saja, keakuratan jawaban dan kegunaan jaringan saraf secara umum juga penting, tapi keamanan selalu menjadi yang terdepan," tuturnya.

Aspek keamanan ini dijabarkan lebih lanjut oleh Andrey Budilov selaku Group Head of Anti-Fraud UGC Services at Yandex Search.

Dia mendemonstrasikan bagaimana Yandex melindungi pengguna dari konten menyesatkan di peta dan layanan navigasi mereka. Pengguna mengandalkan layanan ini, antara lain, untuk menemukan tempat seperti restoran dan toko, dan ulasan pengguna lain membantu mereka memutuskan tempat mana yang akan dipilih.

Namun, ulasan jujur mungkin diselingi dengan ulasan palsu, yang pada akhirnya merusak pengalaman pengguna, sehingga model ML dilatih untuk mengidentifikasi dan melarang ulasan palsu yang diberikan oleh penipu tanpa memengaruhi konten UGC yang jujur.

Yandex dan Kominfo seminar AI di Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Padjajaran (22-23 Januari 2024)Yandex dan Kominfo seminar AI di Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Padjajaran (22-23 Januari 2024)

Ketua Departemen Ilmu Komputer Universitas Padjajaran, Dr. Setiawan Hadi dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa kecerdasan buatan dapat membantu manudia di berbagai bidang. Tak hanya pendidikan, tapi juga aspek kehidupan lainnya.

“Generative AI memberikan kreativitas dan inovasi untuk semua orang. Tidak hanya bidang ilmu komputer yang terkena dampaknya, tetapi juga bidang lain, seperti budaya, politik, dan bahkan bisnis. Jadi, kita perlu mempertimbangkan potensi dampaknya terhadap bisnis, ilmu sosial, dan seni,” ungkap Setiawan Hadi.

Sementara itu bagi Co-founder dan CEO LEGIS, Elang Adhyaksa, perkembangan AI juga memberikan tantangan tersendiri. Menurut Bappenas, 20–45 juta lapangan pekerjaan diperkirakan akan muncul di Indonesia sebagai akibat dari digitalisasi.
Meskipun beberapa pekerjaan memang digantikan atau ditambah oleh AI, namun ada pula pekerjaan-pekerjaan baru yang bermunculan berkat kebangkitan AI. Hal ini terjadi karena selain efisiensi baru yang dibawanya, AI memaksa kita untuk mengembangkan keterampilan baru dan membuka banyak sumber daya yang baru.

Elang memperkenalkan, sebagai contoh, Legis, yang mengubah cara para profesional hukum melakukan pekerjaan mereka sehari-hari menggunakan alat pencarian dan penjawab berbasis AI.

“Manusia tidak akan tergantikan oleh AI. Manusia akan digantikan oleh manusia lain yang menggunakan AI,” kata Elang Adhyaksa.

Acara ini juga dihadiri oleh Dosen Departemen Ilmu Komputer Universitas Padjajaran, Dr. Asep Sholahuddin; Presiden INAPR sekaligus Dosen Universitas Padjajaran, Dr. Intan Nurma Yulita; Ketua Artificial Intelligence Society (IAIS), Dr. Ir. Lukas; Prof Deni Darmawan; hingga Ketua Departemen Ilmu Komputer Universitas Padjajaran, Dr. Setiawan Hadi.

Perlu diketahui, Yandex adalah perusahaan teknologi internasional yang menciptakan produk dan layanan cerdas yang didukung oleh pembelajaran mesin. Tujuan perusahaan adalah membantu konsumen dan bisnis menavigasi dunia online dan offline dengan lebih baik.

Sejak tahun 1997, Yandex telah menghadirkan layanan pencarian dan informasi kelas dunia yang relevan secara lokal. Selain itu, perusahaan ini telah mengembangkan layanan transportasi on-demand, produk navigasi, dan aplikasi seluler lainnya yang terdepan di pasar bagi jutaan konsumen di seluruh dunia.

Baru-baru ini Yandex mengembangkan kecerdasan buatan versi mereka diantaranya YandexGPT dan YandexART.

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #yandex #kominfo #gelar #seminar #universitas #pendidikan #indonesia #universitas #padjajaran

KOMENTAR