Dukung Anies-Muhaimin, Jusuf Kalla Ingin Pilpres 2024 Seimbang
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) usai menghadiri acara pertemuan antara pengusaha dengan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang digelar di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (10/1/2024).(Kompas.com/ Dian Erika)
14:06
24 Januari 2024

Dukung Anies-Muhaimin, Jusuf Kalla Ingin Pilpres 2024 Seimbang

- Wakil presiden (wapres) ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla (JK) menilai, perlu ada keseimbangan dalam kontestasi pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan JK menjelaskan alasannya mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Menurut JK, kontestasi pemilihan pemimpin harus seimbang. Ia menilai, tidak boleh ada kekuatan yang besar hanya berada di salah satu kandidat.

"Ya harus (mundukung), karena kita harus mempertahankan adanya suatu kesempatan yang sama, ada keseimbangan," kata JK dalam acara Gaspol! Kompas.com, Rabu (24/1/2024).

JK ingin, tidak ada satu kekuatan yang lebih besar berada pada satu pasangan calon tertentu. Oleh sebab itu, dirinya memilih Anies-Muhaimin untuk Pilpres 2024.

Ia pun memilih pasangan yang belum terlalu kuat. Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini ingin tidak ada kandidat tertentu yang ditekan, diintimidasi lantaran posisinya lemah. 


"Jangan menerima saja ditekan, jangan hanya menerima saja diintimidasi, jangan menerima saja dengan kecurangan-kecurangan yang mungkin timbul," kata JK.

Di sisi lain, JK melihat sosok Anies Baswedan sudah memenuhi kriteria sebagai pemimpin nasional.

Hal ini terlihat dari integritas dan pengalamannya di pemerintahan, baik saat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) maupun ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Saya harus memilih yang baik dengan kriteria, kriteria itu pertama ada leadership-nya, ada pengalaman, cerdas, dan integritas-nya, instegtitas itu kejujuran dan amanah," kata JK.

"Saya lihat yang memenuhi itu Anies, dia punya pengalaman, dia punya integritas, dia punya kecerdasan, dia punya pengalaman dari Menteri, Gubernur, macam-macam," ucapnya.

Wawancara Jusuf Kalla di program Gaspol! Kompas.com bisa disaksikan di sini

Editor: Irfan Kamil

Tag:  #dukung #anies #muhaimin #jusuf #kalla #ingin #pilpres #2024 #seimbang

KOMENTAR