Aksi Personel Lantamal IV Batam Selamatkan 12 Awak Kapal yang Terbakar Hebat di Pelabuhan Punggur Batam
Personel Lantamal IV Batam mengevakuasi 12 anak buah kapal KMP Tandeman yang terbakar di Pelabuhan Punggur Batam pada Rabu sore (2/10). (TNI AL)
07:48
3 Oktober 2024

Aksi Personel Lantamal IV Batam Selamatkan 12 Awak Kapal yang Terbakar Hebat di Pelabuhan Punggur Batam

 

- Kebakaran hebat terjadi pada Kapal Roro KMP Tandeman di Pelabuhan Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau pada Rabu sore (2/10). Saat insiden itu terjadi, tidak kurang 12 anak buah kapal masih berada di atas kapal tersebut.

Beruntung mereka berhasil selamat setelah dievakuasi oleh personel Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Batam. 

Berdasar informasi yang diterima oleh JawaPos.com pada Kamis pagi (3/10), laporan awal kebakaran kapal diterima oleh petugas pada pukul 14.30 WIB. Saat itu personel Satuan Patroli (Satrol) Lantamal IV Batam melihat kepulan asap yang cukup tebal.

Mereka langsung melaporkan dan merespons kondisi tersebut dengan mengirimkan tim Fleet One Quick Respon (F1QR) Lantamal IV Batam. 

Menurut Komandan Satrol (Dansatrol) Lantamal IV Batam Kolonel Laut (P) Tony Priyo Utomo, prajurit Lantamal IV Batam melihat kepulan asap berasal dari anjungan Kapal Roro KMP Tandeman.

”Sebanyak 12 Orang ABK KMP Tandeman berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dari kapal tersebut menggunakan Patkamla Lingga, Rigid Buoyant Boat (RBB), dan dibantu tim F1QR,” ujarnya. 

Berdasarkan informasi dari anak buah kapal tersebut, kebakaran kapal diduga bersumber dari konsleting listrik yang terjadi pada atas kapal, akibatnya bagian atas Kapal Roro KMP Tandeman lebih dulu terbakar.

Kepada petugas, 12 anak buah kapal yang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat itu menyampaikan bahwa saat kebakaran terjadi, Kapal Roro Tandeman sedang lego jangkar. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #aksi #personel #lantamal #batam #selamatkan #awak #kapal #yang #terbakar #hebat #pelabuhan #punggur #batam

KOMENTAR