Punya Ragam Kekayaan, Ini 8 Julukan Indonesia di Mata Dunia yang Unik dan Populer
Ilustrasi julukan Indonesia di mata dunia. Freepik
20:40
2 Oktober 2024

Punya Ragam Kekayaan, Ini 8 Julukan Indonesia di Mata Dunia yang Unik dan Populer

- Indonesia dianugerahi berbagai kekayaan, mulai dari ujung timur hingga barat. Berbagai julukan telah disematkan untuk menggambarkan keunikan dan daya tariknya.

Tanah Air yang kaya akan keindahan alam, keanekaragaman budaya, dan sejarah seringkali dihadiahi berbagai julukan yang mencerminkan keunikan serta keistimewaan.

Sebagai contoh, Indonesia dijuluki Zamrud Khatulistiwa yang menggambarkan pada keindahan alam Indonesia dengan pemandangan nan indah.

Kemudian, Negara Maritim yang merujuk pada sifat kepulauan dan kekayaan laut Indonesia.

Selain itu, apa saja julukan Indonesia yang di mata dunia? Simak penjelasannya di bawah!

1. Zambrut Khatulistiwa

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian zamrud adalah batu permata yang berwarna hijau seperti lumut.

Sementara itu, khatulistiwa yang berarti garis keliling bumi, terletak melintang pada nol derajat serta membagi bumi menjadi dua belahan sama, yaitu belahan bumi utara dan belahan bumi selatan.

Dikutip melalui laman Kemenparekraf RI (2/10), Zamrud Khatulistiwa ini dapat merujuk pada keindahan alam Indonesia dengan pemandangan nan indah.

Keindahan ini mulai dari hutan hujan tropis, pegunungan tinggi, gunung berapi, hingga pantai yang memesona.

2. Negara Maritim

Selaras dengan julukan Indonesia sebagai Negara Kepulauan, Indonesia juga disebut dengan Negara Maritim.

Wilayah kepulauan Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudra Hindia dan Pasifik.

Dengan cakupan wilayah laut yang sangat luas tersebut, Indonesia memiliki potensi besar untuk sumber daya kelautan.

Lautan Indonesia kaya akan berbagai sumber daya alam, termasuk hasil perikanan, minyak, gas, dan mineral.

Kekayaan biota laut, seperti ikan dan terumbu karang, menjadikan sektor perikanan sebagai salah satu pilar perekonomian nasional.

3. Macan Asia yang Tertidur

Indonesia dijuluki sebagai ’Macan Asia’ ketika masa kerajaan Sriwijaya, Majapahit hingga kepemimpinan Presiden Soekarno.

Pada masa-masa itu, bangsa Indonesia menjadi yang terkuat dan terdepan di segala bidang.

Ketika itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat disegani oleh banyak negara, terlebih untuk kawasan Asia Tenggara yang meliputi sektor pembangunan, ekonomi, olahraga, dan lain sebagainya.

Kemudian, prestasi Indonesia kian luntur sampai akhirnya julukan Macan Asia tersebut berubah menjadi Macan Asia yang Tertidur.

Meski begitu, hal ini penuh harapan, bahwa Indonesia bisa bangkit dengan potensi yang dimilikinya.

4. Balinesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa Pulau Bali merupakan ikon Indonesia yang sangat terkenal di mata dunia.

Alasan lainnya dikarenakan Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan luar negeri.

Masyarakat Indonesia juga setuju bahwa Bali memiliki bentang alam yang indah dan tradisi yang menarik.

Sehingga hal ini mampu membuat siapa saja mengaguminya. Maka dari itu, pantas saja bila Indonesia mendapatkan julukan Balinesia.

5. Heaven of Hearth

Julukan selanjutnya ialah Surga di Bumi, mengacu pada keindahan alam Indonesia yang luar biasa.

Tidak bisa dipungkiri bahwa, mulai dari keindahan pegunungan, alam pedesaan, hutan, hingga keindahan bawah laut. Semua terasa seperti surga bagi turis yang berkunjung ke setiap wilayah di Indonesia.

6. Negeri Seribu Candi

Indonesia juga memiliki julukan Negeri Seribu Candi karena banyaknya candi yang jadi peninggalan era lampau. Sebut saja Candi Brobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah.

Menariknya, Candi Brobudur pernah terpilih menjadi salah satu di antara tujuh keajaiban dunia. yang dibangun oleh Raja Samaratungga, keturunan Syailendra tersebut mempunyai 72 stupa, 504 arca Buddha, dan 2.672 relief yang sangat memukau.

7. Paru-Paru Dunia

Salah satu pulau di Indonesia, seperti Kalimantan yang merupakan satu dari sekian banyak kawasan dikatakan sebagai paru-paru dunia.

Selain itu, julukan ini disematkan kepada Indonesia karena memiliki hutan hujan tropis yang luas.

Hal itu merupakan rumah bagi berbagai macam flora dan fauna. Daya saing sumber daya alam Indonesia ada di peringkat 17 dari 139 negara.

8. Populasi Umat Muslim Terbanyak

Dikutip dari laman Kemendagri RI, jumlah penduduk Indonesia di tahun 2024 mencapai 282.477.584 jiwa. Masyarakat Indonesia sendiri terdiri atas beraneka ragam suku bangsa dan budaya.

Selain itu, terdapat juga keberagaman agama dan juga kepercayaan yang dianut dan sudah diakui secara resmi oleh pemerintah Indonesia di antaranya Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #punya #ragam #kekayaan #julukan #indonesia #mata #dunia #yang #unik #populer

KOMENTAR