Cek Fakta: Calon Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi Hina Orang Miskin
Ahmad Luthfi blusukan di Pasar Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Kamis (19/9/2024). [Suara.com/dok]
07:36
27 September 2024

Cek Fakta: Calon Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi Hina Orang Miskin

Sebuah unggahan yang beredar di media sosial, khususnya di akun Facebook, menampilkan narasi yang menuduh Calon Gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi, menghina orang miskin.

Unggahan tersebut menunjukkan tangkapan layar sebuah artikel dengan judul yang menyebutkan bahwa Luthfi hanya memberikan uang sebesar Rp100 ribu kepada pedagang dengan alasan "cukup karena mereka orang miskin".

Unggahan artikel yang menarasikan Cawagub Jateng Ahmad Luthfi hina orang miskin. Faktanya, judul artikel tersebut merupakan editan. (Facebook)Unggahan artikel yang menarasikan Cawagub Jateng Ahmad Luthfi hina orang miskin. Faktanya, judul artikel tersebut merupakan editan. (Facebook)

Namun, setelah dilakukan penelusuran fakta, informasi tersebut terbukti tidak benar. Tidak ditemukan artikel resmi dengan judul sebagaimana yang tersebar dalam unggahan itu.

Artikel asli berasal dari Tribunnews dengan judul "Pasar Tiban Semarang Heboh! Cagub Ahmad Luthfi Disambut Hangat, Dapat Dukungan Penuh dari Pedagang".

Baca Juga: Cek Fakta: Kisah Mike Tyson Salat di Kafe yang Larang Pengunjung Beragama Islam

Dalam artikel yang sebenarnya, Ahmad Luthfi, mantan Kapolda Jawa Tengah, melakukan kunjungan ke Pasar Tiban di Semarang pada Jumat (13/9/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Luthfi berinteraksi dengan para pedagang dan pengunjung, mendengarkan aspirasi mereka, dan menerima sambutan yang hangat. Tidak ada narasi atau tindakan yang menunjukkan penghinaan terhadap pedagang maupun orang miskin.

Oleh karena itu, unggahan yang beredar di media sosial tersebut adalah hoaks yang berupaya mencemarkan nama baik Ahmad Luthfi menjelang pemilihan gubernur.

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati terhadap informasi yang belum terverifikasi dan selalu mencari kebenaran dari sumber-sumber resmi.

Baca Juga: Cek Fakta: Maarten Paes Fasih Berbicara dengan Bahasa Indonesia

Editor: Bella

Tag:  #fakta #calon #gubernur #jawa #tengah #ahmad #luthfi #hina #orang #miskin

KOMENTAR