Hutan Wanagama Nusantara: UGM Jadi Pionir ''Smart Forest City'' di IKN
Tangkap Layar Instagram @infoiknnusantara_
11:56
24 September 2024

Hutan Wanagama Nusantara: UGM Jadi Pionir ''Smart Forest City'' di IKN

Universitas Gadjah Mada (UGM) siap berkontribusi membangun Hutan Wanagama Nusantara sebagai bagian dari Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini dikonfirmasi oleh Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Ova Emilia. Pihaknya menerangkan bahwa UGM siap berkontribusi untuk hutam riset di Zona Rimba IKN.

“UGM Berkomitmen memberi kontribusi dalam mewujudkan IKN sebagai Smart Forest City,” Ujar Ova, dikutip dari laman UGM.

Rencananya, hutan yang dibangun di zona Rimba Kota B Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN ini adalah seluas 621 hektar

Baca Juga: Keganjilan Foto Jokowi di Buku Alumni UGM Juga Dipakai di Buku Nikah, Warganet: Satu Potret untuk Semua

Pencanangan hutan Pendidikan yang akan dikelola oleh UGM ini ditandai dengan penandatanganan piagam di kayu Sukai oleh presiden disaksikan oleh Rektor UGM dan jajaran Menteri.

Menurut keterangan Ova, Hutan Wanagama Nusantara ini adalah inisiatif dari UGM yang berfokus pada pemgembangan hutan Pendidikan dan penelitian lintas disiplin.

Dengan adanya hutan Wanagama Nusantara ini, Ova berharap agar bisa mendukung visi IKN sebagai Forest City, yang tak lain menjadi prioritas Jokowi sesuai dengan amanat Pasal 22 UU No. 3 Tahun 2022.

Salah satu video yang diposting akun Instagram @infoiknnusantara_ memperlihatkan sedikit penampakan dari Hutan Wanagama tersebut. Postingan itu sontak mengundang komentar dari warganet.

“Istimewaaaaa. ... Semoga UGM bisa berkontribusi mengembalikan hutan Kalimantan menjadi Tropical rainforest setelah sebelum2 nya rusak dieksploitasi,” komentar @da***

Baca Juga: LSJ UGM Kritik Keras Langkah Kilat DPR-Pemerintah Sahkan Tiga RUU: Ini Kejahatan Legislasi

“UGM emang is the best,” sahut @ad***

Ova juga berharap agar Hutan Wanagama Nusantara dapat menjadi model restorasi hutan hujan tropis dalam mengatur hidrologi dan iklim mikro di IKN serta konservasi jenis-jenis tanaman asli (native species) hutan hujan tropis dari kepunahan di masa datang.

Hutan Wanagama Nusantara ini juga akan digunakan sebagai sarana pengembangan beberapa klaster ilmu yang mendukung ekosistem IKN, UGM juga merancang untuk mendirikan Institute For Future Life sebagai salah satu fasilitas Pendidikan dan penelitian dengan konsep Smart dan Green Building di Wanagama Nusantara.

Kontributor : Kanita

Editor: Eviera Paramita Sandi

Tag:  #hutan #wanagama #nusantara #jadi #pionir #smart #forest #city

KOMENTAR