Pansus Serahkan Hasil Penyelidikan Pelaksanaan Haji 2024 ke Pimpinan DPR Pekan Ini
Wakil Ketua Pansus Haji Marwan Dasopang (tengah) bersama tim Pansus Angket Haji DPR RI melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Jakarta, Rabu (4/9/2024). (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
06:48
24 September 2024

Pansus Serahkan Hasil Penyelidikan Pelaksanaan Haji 2024 ke Pimpinan DPR Pekan Ini

- Panitia khusus (Pansus) Angket Haji menjadwalkan menyerahkan laporan hasil penyelidikan penyelenggaraan Haji 2024 ke pimpinan DPR dalam rapat paripurna pada Kamis (26/9) mendatang. Sebelum diserahkan, penyusunan laporan penyelidikan penyelenggaraan haji 2024 dituntaskan Senin malam (23/9).

"Kita tanggal 23 malam ini, pimpinan Pansus mengirim surat kepada Bamus untuk menjadwalkan hari Kamis untuk laporan terakhir pansus," kata Anggota Pansus Angket Haji Marwan Jafar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/9).

Anggota Fraksi PKB itu menjelaskan, laporan hasil penyelidikan penyelenggaraan Haji 2024 akan diserahkan langsung oleh Ketua Pansus Nusron Wahid ke pimpinan DPR. Dia berharap rekomendasi Pansus Haji DPR bisa ditindaklanjuti oleh lembaga-lembaga terkait, termasuk aparat penegak hukum (APH) jika ditemukan adanya dugaan tindak pidana dalam penyelenggaraan Haji 2024.

"(Jika ada dugaan tindak pidana) Merekomendasikan ke APH untuk menindaklanjuti. APH kan KPK, Kejaksaan dan Kepolisian," ucap Marwan.

Adapun pembahasan Pansus Angket Haji 2024 sebelumnya memasuki tahapan penyusunan rekomendasi dan kesimpulan terkait penyelenggaraan haji 2024. Rekomendasi dan kesimpulan itu dibuat setelah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tiga kali mangkir dari panggilan Pansus Haji DPR.

Penyusunan rekomendasi dan kesimpulan ini dilakukan di Ruang Banggar DPR, sejak siang hingga malam hari ini.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #pansus #serahkan #hasil #penyelidikan #pelaksanaan #haji #2024 #pimpinan #pekan

KOMENTAR