TNI AL Dapat Dua Kapal Perang Baru Buatan Dalam Negeri, Penguatan Alutsista Tetap Prioritas
KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali dalam acara launching dan shipnaming dua kapal perang baru TNI AL. (Dispenal)
18:32
20 September 2024

TNI AL Dapat Dua Kapal Perang Baru Buatan Dalam Negeri, Penguatan Alutsista Tetap Prioritas

- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hadir secara langsung dalam launching dan shipnaming dua kapal perang baru TNI AL. Agenda tersebut berlangsung di galangan perusahaan pembuat kapal dalam negeri, PT Daya Radar Utama (DRU), pada Jumat (20/9). Orang nomor satu di Angkatan Laut itu menegaskan bahwa penguatan TNI AL menjadi prioritas.

”Modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) yang dilakukan secara berkelanjutan menjadi bukti nyata komitmen TNI AL dalam melaksanakan tugas menjaga kedaulatan dan keamanan wilayah perairan Indonesia dan yurisdiksi nasional,” kata Ali menegaskan.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Laksamana Ali di sela-sela shipnaming dan launching dua kapal perang jenis Offshore Patrol Vessel (OPV) 90 meter. Dengan bangga dia menyatakan bahwa dua alutsista baru tersebut akan menambah kekuatan armada kapal perang Angkatan Laut. Menurut dia, keberhasilan industri pertahanan (inhan) lokal membangun kapal OPV 90 meter patut dibanggakan.

Tidak hanya itu, capaian tersebut juga penting untuk meningkatkan kapabilitas operasional TNI AL. Khususnya dalam menghadapi dinamika serta ancaman maritim yang semakin komplek.

Menurut Ali, perkembangan ancaman tersebut harus direspons dengan langkah-langkah strategis. Salah satunya dengan terus memperkuat diri.

”Program modernisasi alutsista ini sejalan dengan rencana strategis jangka panjang yang bertujuan untuk mewujudkan TNI AL yang modern, berdaya gentar kawasan dan berproyeksi global,” kata Ali.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #dapat #kapal #perang #baru #buatan #dalam #negeri #penguatan #alutsista #tetap #prioritas

KOMENTAR