Ketua DPRD Cilegon Minta Mitigasi Bencana di TPSA Bagendung Diperbaiki
Ketua DPRD Kota Cilegon, Rizki Khairul Ichwan meninjau lokasi kebakaran TPSA Bagendung, Kecamatan Cilegon. [Hairul Alwan/Suara.com]
19:40
18 September 2024

Ketua DPRD Cilegon Minta Mitigasi Bencana di TPSA Bagendung Diperbaiki

Kebakaran Tempat Pembuangan Sampah Akhir atau TPSA Bagendung menyita perhatian Ketua DPRD Kota Cilegon sementara, Rizki Khairul Ichwan. Politisi Partai Golkar itu meninjau lokasi kebakaran TPSA Bagendung pada Rabu (18/9/2024).

Tak sendiri, Rizki Khairul Ichwan juga ditemani Ketua Fraksi Golkar Abdul Rozak dan Dewan Dapil Cilegon Cibeber, Yamanan, dan Hidayatullah yang merupakan Dewan Dapil Ciwandan-Citangkil.

Usai kunjungannya, Rizki Khairul Ichwan meminta Pemkot Cilegon khususnya DLH Kota Cilegon untuk meninjau ulang mitigasi bencana di TPSA Bagendung.

"Kami dari lembaga legislatif mendorong mitigasi (Bencana) perlu diperbaiki kembali, dan ditinjau ulang supaya tidak terjadi kejadian serupa," katanya kepada awak media usai meninjau TPSA Bagendung.

Baca Juga: Enam Tahun Vakum, Grand Final Kang Nong Kota Cilegon Digelar Tanpa Bantuan APBD

Untuk memaksimalkan penanganan jika kembali terjadi kebakaran di TPSA Bagendung, Rizki juga mendorong penambahan fasilitas penanganan bencana.

"Kami mendorong adanya hidrant, karena ini kan berkaitan dengan K3 juga. Karena jika ini (kebakaran-red) terjadi lagi, ini akan berdampak kepada masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya hal, yang terpenting terkait penanganan ke depan yakni mitigasi bencana untuk mengantisipasi hal serupa tidak terjadi lagi.

"Yang paling penting itu mitigasi bencana, karena itu kan kebakaran. Nanti akan ada investigasi dari pihak terkait seperti Polres penyebabnya apa, yang memang nyalanya bersamaan," paparnya.

"nanti akan kita panggil OPD terkait TPSA Bagendung, ke depan tentunya harus ada peran DPRD dan pemerintah Kota. Artinya nanti kita rumuskan bersama, seperti apa supaya hal ini tidak terjadi kembali," jelasnya.

Baca Juga: Helldy-Alawi Punya Kans Menang di Pilkada Cilegon 2024, Pengamat Beberkan Hal Ini

"Tentunya saya tadi meninjau ke lapangan karena aduan dari masyarakat yang terdampak bencana ini," kata anggota DPRD Cilegon Dapil Jombang-Purwakarta itu.

Rizki menyebut, warga terdampak kebakaran TPSA Bagendung sudah menerima bantuan dari Pemkot Cilegon, dan industri.

"Tadi sudah dilakukan pengiriman bantuan dari pihak Dinsos, BPBD, Industri, kemudian ada juga bantuan dari Provinsi berkaitan dengan pemadaman api dan juga Perkim untuk tranporter air untuk memadamkan api," ujarnya.

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #ketua #dprd #cilegon #minta #mitigasi #bencana #tpsa #bagendung #diperbaiki

KOMENTAR