Pak Polisi Tunggang Langgang Saat Gempa Bandung Terjadi
Ilustrasi polisi siaga jelang nataru. [Ist]
12:40
18 September 2024

Pak Polisi Tunggang Langgang Saat Gempa Bandung Terjadi

Gempa Bandung dengan kekuatan 5,0 Magnitudo yang mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu (18/9) pagi sekitar pukul 09:41 WIB juga dirasakan warga di Kabupaten Garut.

Saat gempa bumi terjadi kepanikan dirasakan aparat kepolisian di Mapolres Garut, Jawa Barat. Mengutip dari laporan Harapanrakyat.com--jaringan Suara.com, anggota kepolisian dari anggota hingga perwira panik dan langsung berhamburan keluar saat gempa Bandung terjadi.

Dari informasi sementara, gempa Bandung mengakibatkan sejumlah rumah warga di Kabupaten Garut mengalami kerusakan ringan. Sampai sekarang petugas pun masih melakukan pendataan.

“Gempa terasa cukup besar, personil kini sedang melakukan patroli untuk mitigasi pasca gempa. Sejauh ini laporan kerusakan dampak gempa masih menunggu hasil informasi dari tiap Polsek di lapangan,” kata Ipda Adi Susilo, Kasi Humas Polres Garut, Polda Jabar.

Baca Juga: Breakingnews! Jumpa Pers Persib Bandung vs Klub Asnawi Mangkualam Diguncang Gempa Bumi

Laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa gempa Bandung dipicu adanya aktivitas Sesar Garut Selatan atau Garsela.

Dari catatan pihak BMKG pasca gempa Bandung 5,0 M tadi pagi terjadi lima kali gempa susulan. Terbaru, gempa dengan kekuatan 2,9 M terjadi sekitar pukul 11:27 WIB.

"#Gempa Mag:2.9, 18-Sep-2024 11:27:09WIB, Lok:7.22LS, 107.72BT (19 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR), Kedlmn:10 Km #BMKG" tulis laporan terbaru BMKG.

Informasi dari pihak BMKG menyebutkan bahwa pusat gempa berada di koordinat 7,19 LS dan 107,67 BT, tepatnya 24 km tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dengan kedalaman 10 km.

BMKG menjelaskan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,23° LS ; 107,65° BT, atau tepatnya berlokasi di darat 25 km tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada kedalaman 10 km.

Baca Juga: Bandung Diguncang Gempa 5 Magnitudo, Getarannya Terasa Kuat di Lembang hingga Garut

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Garsela. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun," tulis laporan resmi BMKG.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #polisi #tunggang #langgang #saat #gempa #bandung #terjadi

KOMENTAR