Cek Fakta: Tragedi 98 Terjadi Kembali, Rakyat Duduki Istana dan Jokowi Lengser
Arsip - Presiden Joko Widodo (kanan) bersiap memimpin sidang kabinet paripurna terakhir di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (13/09/2024). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom]
07:20
18 September 2024

Cek Fakta: Tragedi 98 Terjadi Kembali, Rakyat Duduki Istana dan Jokowi Lengser

Sebuah akun Youtube dengan 129 ribu pengikut membuat sebuah unggahan yang mengklaim bahwa rakyat menduduki istana dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lengser.

Akun YouTube bernama Kabar Akurat itu juga membuat klaim bahwa tragedi 98 terulang kembali.

"BERITA TERKINI ~ (JOKOWI) AKSI 98 TERULANG KEMBALI DAN INI YANG TERJADI - KABAR AKURAT," begitu judul konten tersebut dikutip suara.com, Rabu (18/9/2024).

Tak hanya itu saja, akun tersebut juga memasang Thumbnail pada unggahannya yang menyertakan narasi sebagai berikut:

Baca Juga: Pantas Ditiru Gibran? Jokowi Juga Ngaku Lebih Banyak Baca Komik daripada Buku Politik: dari Remaja...

"MENGEJUTKAN..!!!
TRAGEDI 98 TERJADI KEMBALI
TEPAT HARI INI RAKYAT DUDUKI ISTANA DAN JOKOWI LENGSER"

Thumbnail unggahan Youtube yang memuat klaim bahwa rakyat menduduki istana negara dan Jokowi lengser dari jabatannya sebagai Presiden. Faktanya, klaim terebut tidak benar.Thumbnail unggahan Youtube yang memuat klaim bahwa rakyat menduduki istana negara dan Jokowi lengser dari jabatannya sebagai Presiden. Faktanya, klaim terebut tidak benar.

Namun begitu, apakah benar rakyat menduduki istana negara dan Jokowi lengser dari jabatannya sebagai Presiden?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan suara.com, hingga saat ini, tidak ada berita yang menyatakan bahwa rakyat menduduki istana negara dan Jokowi lengser dari jabatannya sebagai Presiden.

Adapun gambar thumbnail dalam unggahan tersebut merupakan hasil rekayasa. Berdasarkan pemeriksaan suara.com, diketahui bahwa rekayasa yang dilakukan dengan menggabungkan beberapa gambar menjadi satu.

Baca Juga: Bongkar Buku Tahunan Jokowi di UGM, Kejanggalan SMA Almamater Ramai Jadi Buah Bibir

Sementara itu, narasi audio yang ada dalam video tersebut juga tidak membahas tentang rakyat yang menduduki istana negara dan Jokowi lengser dari jabatannya sebagai Presiden.

Sebagaimana diketahui, masa jabatan sebagai Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Setelah itu, jabatan Kepala Negara akan diemban oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. Hingga saat ini, proses transisi kepemimpinan berjalan dengan baik dan damai.

Kesimpulan

Narasi yang mengklaim bahwa rakyat menduduki istana negara dan Jokowi lengser dari jabatannya sebagai Presiden adalah tidak benar atau hoaks. Unggahan akun YouTube tersebut juga mengandung informasi yang menyesatkan dan tidak sesuai fakta.



Editor: Bella

Tag:  #fakta #tragedi #terjadi #kembali #rakyat #duduki #istana #jokowi #lengser

KOMENTAR