Cek Fakta: Di Bawah Komando TNI, Massa dari 33 Provinsi Berhasil Gulingkan Jokowi Hari Ini
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Instagram/jokowi)
06:12
18 September 2024

Cek Fakta: Di Bawah Komando TNI, Massa dari 33 Provinsi Berhasil Gulingkan Jokowi Hari Ini

Sebuah akun Youtube dengan 129 ribu pengikut membuat sebuah unggahan yang mengklaim bahwa massa dari 33 provinsi berhasil menggulingkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Akun YouTube bernama Kabar Akurat itu juga membuat klaim bahwa penggulingan Presiden Jokowi tersebut di bawah komando TNI.

"BERITA TERKINI ~ JOKOWI TERANCAM DI KUDETA OLEH GERAKAN INI - KABAR AKURA" begitu judul konten tersebut dikutip suara.com, Selasa (17/9/2024).

Tak hanya itu saja, akun tersebut juga memasang Thumbnail pada unggahannya yang menyertakan narasi sebagai berikut:

Baca Juga: Johan Budi: Pemberantasan Korupsi dan Independensi KPK Tergantung Political Will Presiden

"MENGEJUTKAN..!!!
DI BAWAH KOMANDO TNI
MASSA DARI 33 PROVINSI BERHASIL GULINGKAN JOKOWI HARI INI"

Thumbnail unggahan Youtube yang membuat klaim bahwa massa dari 33 provinsi berhasil menggulingkan Presiden Joko Widodo. Faktanya, klaim terebut tidak benar.Thumbnail unggahan Youtube yang membuat klaim bahwa massa dari 33 provinsi berhasil menggulingkan Presiden Joko Widodo. Faktanya, klaim terebut tidak benar.

Namun begitu, apakah benar Jokowi digulingkan dari jabatannya sebagai Presiden?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan suara.com, hingga saat ini, tidak ada berita yang menyatakan Presiden Jokowi digulingkan massa.

Adapun gambar thumbnail dalam unggahan tersebut merupakan hasil rekayasa. Berdasarkan pemeriksaan suara.com, diketahui bahwa rekayasa yang dilakukan dengan menggabungkan beberapa gambar menjadi satu.

Baca Juga: Pantas Ditiru Gibran? Jokowi Juga Ngaku Lebih Banyak Baca Komik daripada Buku Politik: dari Remaja...

Sementara itu, narasi audio yang ada dalam video tersebut juga tidak membahas tentang massa dari 33 provinsi yang berhasil menggulingkan Presiden Joko Widodo.

Kesimpulan

Narasi yang mengklaim bahwa di bawah komando TNI, massa dari 33 provinsi berhasil menggulingkan Presiden Joko Widodo adalah tidak benar atau hoaks. Unggahan akun YouTube tersebut juga mengandung informasi yang menyesatkan dan tidak sesuai fakta.

Editor: Bella

Tag:  #fakta #bawah #komando #massa #dari #provinsi #berhasil #gulingkan #jokowi #hari

KOMENTAR