Kisah Mahali Jasuli, Pemain Keturunan Gresik Bikin Malu Timnas Indonesia di Piala AFF
Pemain keturunan Indonesiam Gresik Mahali Jasuli bela Timnas Malaysia (Instagram Mahali Jasuli)
11:00
16 September 2024

Kisah Mahali Jasuli, Pemain Keturunan Gresik Bikin Malu Timnas Indonesia di Piala AFF

Mengenang kisah Mahali Jasuli, pemain keturunan Gresik yang pernah membuat malu Timnas Indonesia di pentas internasional.

Mahali Jasuli merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia yang memutuskan membela negara lain di pentas internasional.

Pemain yang kini berusia 35 tahun itu merupakan pemain keturunan Gresik, Jawa Timur. Darah Indonesia yang ada di tubuhnya sendiri datang dari kedua orang tuanya.

Kebetulan, kedua orang tuanya dulu bekerja di Malaysia. Sehingga Mahali pun lahir di Negeri Jiran, tepatnya di Selayang, Selangor.

Baca Juga: Punya Wajah Mas-mas Jawa, Damian de Ruiter Junior Thom Haye di Almere City Eligible Dinaturalisasi

Karena lahir dan besar di Negeri Jiran, ia memegang paspor Malaysia dan memutuskan membela Harimau Malaya yang merupakan rival Timnas Indonesia di kancah internasional.

Tercatat, mantan pemain Johor Darul Ta’zim itu pernah membela Malaysia di level kelompok umur hingga level senior.

Di level senior, Mahali tercatat mengoleksi 51 penampilan bersama Harimau Malaya dan berhasil menjaringkan tiga gol.

Pemain keturunan Indonesia yang membela timnas Malaysia, Mahali Jasuli (kiri). [Instagram/@mahali2489]Pemain keturunan Indonesia yang membela timnas Malaysia, Mahali Jasuli (kiri). [Instagram/@mahali2489]

Selama bermain untuk Malaysia, Mahali pernah beberapa kali berhadapan dengan Timnas Indonesia, entah itu di level kelompok umur maupun senior.

Tak disangka dalam pertemuan dengan negara leluhurnya itu, Mahali pernah membuat malu Timnas Indonesia di pentas internasional. Seperti apa kisahnya?

Baca Juga: Thom Haye Langsung 'Ngamuk' Lawan Heracles di Debut Almere City, Statistik Bikin Melongok

Bikin Malu Timnas Indonesia Senior dan Junior

Mahali Jasuli tercatat melakoni debutnya bagi Malaysia pada tahun 2009. Saat itu, usianya terbilang masih amat muda, yakni 20 tahun.

Meski masih muda, Mahali sudah jadi andalan di tim utama arahan Krishnasamy Rajagopal. Saat itu, ia dipercaya sebagai bek kanan Harimau Malaya.

Pada Piala AFF 2010, Mahali masuk skuad besutan Rajagopal. Kepercayaan itu dituntaskanya dengan baik dengan mencetak gol debut untuk Malaysia saat menang 5-1 atas Laos.

Dari gol debut itu, Mahali selalu diandalkan di setiap laga Piala AFF 2010, termasuk saat menghadapi Timnas Indonesia di final.

Di laga final itu, Mahali memang tak mencetak gol. Tapi ia turut membantu Malaysia mengalahkan Timnas Indonesia 3-0 di Stadion Bukit Jalil.

Timnas Indonesia pun sempat menang 2-1 di leg kedua di Stadion GBK. Tapi kemenangan Mahali dan Malaysia di Bukit Jalil menjadikan Harimau Malaya juara Piala AFF 2010.

Usai membuat malu Timnas Indonesia senior, Mahali kemudian membuat malu Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2011 Jakarta.

Mahali dipanggil ke Timnas Malaysia U-23, di mana ia kembali bertemu Timnas Indonesia U-23 di fase grup.

Di fase grup, Mahali membawa Malaysia U-23 menang 1-0 atas Timnas Indonesia U-23 dan membuat Harimau Malaya finis sebagai juara grup.

Siapa sangka takdir mempertemukan Mahali dan Timnas Indonesia U-23 di final. Pada babak perebutan medali emas itu, dirinya lagi-lagi berhasil mempermalukan negara leluhurnya.

Mahali berhasil membawa Malaysia U-23 menang lewat drama adu penalti usai bermain imbang 1-1 dengan Timnas Indonesia U-23.

Pada babak adu penalti tersebut, Mahali menjadi salah satu eksekutor dan berhasil menuntaskan tugasnya hingga membawa Malaysia meraih juara di Indonesia untuk kedua kalinya.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #kisah #mahali #jasuli #pemain #keturunan #gresik #bikin #malu #timnas #indonesia #piala

KOMENTAR