Krisis Dana Ancam MotoGP Mandalika? Dorna Terjepit di Antara Deadline dan Penalti
Arsip - Sejumlah pembalap melaju saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.
19:48
15 September 2024

Krisis Dana Ancam MotoGP Mandalika? Dorna Terjepit di Antara Deadline dan Penalti

Presenter Lucy Wiryono membawa cerita kurang menyenangkan dari pengelola sirkuit Mandalika di Lombok, NTB. Lewat sebuah utas di platform X, Lucy menyebut mereka mulai kesulitan membayar dana penyelenggaraan MotoGP.

"Baru tahun ketiga aja udah mulai bingung bayarnya. Gimana tahun-tahun berikutnya?," ungkap Lucy Wiryono, Minggu (15/9/2024).

Untuk menggelar MotoGP setiap tahun, pengelola sirkuit Mandalika dikenakan biaya Rp231 miliar. Dulu, pembayaran masih ditanggung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

"Hosting fee Mandalika yang harus dibayar ke Dorna Rp231 miliar. Deadline tanggal 27 September 2024 dan belum dibayar. Menteri Pariwisata sudah menyatakan tidak akan memberi subsidi berupa hosting fee lagi," papar Lucy Wiryono.

Baca Juga: Susu Ikan, Solusi Stunting atau Tantangan Baru? Pemerintah Diminta Waspada

Masalah bukan hanya datang dari biaya penyelenggaraan MotoGP di Mandalika. Sejak tahun pertama penyelenggaraan, Lucy Wiryono menyebut kendala akomodasi belum ada solusinya.

"Akomodasi itu selalu jadi PR sejak 2022, sejak tahun pertama penyelenggaraan," kata Lucy Wiryono.

Untungnya, Dorna belum mencoret Mandalika dari jadwal MotoGP 2024. Mengingat sebelumnya, mereka sudah membatalkan dua agenda balap di Argentina dan Kazakhstan.

"Kalau nggak salah, Dorna minimal harus menyelenggarakan 20 race dalam setahun. Tahun ini aja kan mestinya ada 22 race, tapi ada yang batal dua," jelas Lucy Wiryono.

Lucy Wiryono juga mengatakan bahwa Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) sedang bernegosiasi dengan Dorna untuk memundurkan tenggat waktu pelunasan guna menggelar MotoGP di Mandalika.

Baca Juga: Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Sukabumi, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

"Katanya ITDC akan minta ke Dorna untuk boleh mundur pembayarannya. Jadi, akan tetep race," ucap Lucy Wiryono.

Dorna, disebut Lucy Wiryono, berpotensi mengalami kerugian lebih besar kalau mereka mencoret Mandalika dari jadwal MotoGP 2024 karena kendala finansial.

"Mereka juga nggak bisa batalin sih. Karena kalau kurang dari 20 race, mereka mesti bayar penalti juga ke TV yang udah beli hak siar," pungkas Lucy Wiryono.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #krisis #dana #ancam #motogp #mandalika #dorna #terjepit #antara #deadline #penalti

KOMENTAR