Ini Sejumlah Peristiwa Besar yang Terjadi di Momen Lahirnya Nabi Muhammad
Ilustrasi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. (Freepik)
21:56
14 September 2024

Ini Sejumlah Peristiwa Besar yang Terjadi di Momen Lahirnya Nabi Muhammad

Terdapat sejumlah peristiwa besar bahkan  kejadian tidak biasa terjadi di momen kelahiran Rasulullah. Nabi Muhammad diketahui lahir ke dunia pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau bertepatan dengan tahun 570 atau 571 Masehi.

Nabi Muhammad merupakan Nabi sekaligus Rasul yang berbeda dengan nabi-nabi sebelumnya. Jika nabi-nabi sebelumnya risalah kenabiannya akan terputus setelah wafat nabi tersebut. Akan tetapi risalah yang dibawa Nabi Muhammad berlaku sepanjang masa.

Oleh sebab itu, Nabi Muhammad pun kerap disebut-sebut sebagai rahmat bagi semesta alam. Dan konsep tuhanan yang Baginda Rasul memiliki kesamaan dengan konsep ketuhanan yang dibawa oleh nabi-nabi sebelumnya.

Berikut sejumlah peristiwa yang terjadi di momen kelahiran Nabi:

1. Serangan Abrahah ke Ka'bah

Momen kelahiran Nabi Muhammad dinamakan Tahun Gajah karena hampir bersamaan dengan hari kelahirannya terjadi peristiwa besar pasukan super tangguh menggunakan gajah sebagai alat transportasi berniat mau menghancurkan Ka'bah.

Serangan untuk menghancurkan Ka'bah ini gagal total karena Allah menghancurkan mereka di tengah perjalanan dengan mengirimkan burung Ababil. Setiap burung Ababil membawa 3 batu. Dua di kaki dan satu di paruhnya. Setiap orang yang terkena batu tersebut bisa tembus sampai ke belakang layaknya daun dimakan ulat.

2. Padamnya Api Persia

Dikutip dari buku Sirah Nabawiyah: Sejarah Lengkap Nabi Muhammad SAW, api Persia yang disempat oleh rakyat Persia tidak pernah padam selama 1000 tahun. Namun di momen kelahiran Rasulullah, api tersebut mendadak padam.

3. Singgasana Kisra Bergoyang

Kelahiran Nabi Muhammad membuat singgasana Raja Persia Kisra Anusyirwan bergoyang-goyang dan menimbulkan bunyi. Tak hanya itu, 14 balkon Istana Raja Kisra juga sempat runtuh di hari kelahiran Nabi Muahmamd.

4. Langit Cerah

Kelahiran Rasulullah sangat ditunggu tunggu oleh semesta, termasuk oleh para malaikat. Sebab, Nabi Muhammad akan membawa risalah untuk seluruh penjuru bumi.

Di hari kelahiran Rasulullah, langit terlihat sangat cerah dan burung burung berkicau dengan riangnya. Hembusan angin pun memberikan kesejukan di hari kelahiran Nabi.

5. Portal Langit Ditutup

Iblis selalu mencuri-curi dengar tentang peristiwa besar yang terjadi. Pada saat Nabi Isa dilahirkan, Iblis masih bisa mencuri dengar di langit. Namun terkait kabar kelahiran Rasulullah, iblis tidak bisa mendengarkannya sama sekali.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #sejumlah #peristiwa #besar #yang #terjadi #momen #lahirnya #nabi #muhammad

KOMENTAR