Yakin 99,9 Persen Akun Fufufafa Milik Gibran, Roy Suryo: Cara Buktikannya Mudah Banget
Pakar Telematika Roy Suryo saat membedah akun Kaskus Fufufafa diduga milik Gibran di podcast yang dipandu mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. (Tangkapan layar/Youtube)
19:36
13 September 2024

Yakin 99,9 Persen Akun Fufufafa Milik Gibran, Roy Suryo: Cara Buktikannya Mudah Banget

Pakar Telematika Roy Suryo meyakini kalau pemilik akun Kaskus Fufufafa memang milik Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Tanpa segan, Roy Suryo bahkan mengatakan keyakinannya mencapai 99,9 persen. 

"Kita sebagai manusia sebenarnya boleh yakin kan, tapi Allah memberikan kita jangan terlalu sempurna, gitu. Karena kalau kesempurnaan kan milik Allah. Ya sudahlah (yakin) 99,9 persen lah. Kalau disurvei itu kan dan margin of error gitu. Nah itu 0,1 persennya margin error," kata Roy Suryo dikutip dari tayangan dikanal YouTube mantan Ketua KPK Bambang Widjojanto, Jumat (13/9/2024). 

Mantan Menteri Olahraga dan Pemuda (Menpora) itu bahkan menjelaskan cara membuktikan jejak digital seperti postingan-postingan akun Fufufafa tersebur.

Menurutnya, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama secara keilmuan atau scientific dengan menelusuri bukti-bukti jejak digital.

Baca Juga: Bikin Salfok! Haris Azhar Tulis Fufufafa di Akun IG, Netizen Nyeletuk: Prabowo Gak Panas?

Pakar Telematika Roy Suryo saat membedah akun Kaskus Fufufafa diduga milik Gibran di podcast yang dipandu mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. (Tangkapan layar/Youtube)Pakar Telematika Roy Suryo saat membedah akun Kaskus Fufufafa diduga milik Gibran di podcast yang dipandu mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. (Tangkapan layar/Youtube)

"Ini memang hanya bisa dilakukan oleh petugas yang diperbolehkan oleh hukum kita untuk mengambil evidence itu dari server," jelasnya. 

Cara seperti itu, menurut Roy Suryo, sangat mudah dilakukan oleh aparat penegak hukum, termasuk kepolisian. Bahkan dalam pembuktian akun Fufufafa bisa jadi lebih mudah, sebab server Kaskus yang digunakan berada di Indonesia. 

Roy Suryo mengungkapkan, sejarah Kaskus memang mulanya didirikan di Amerika Serikat. Namun, sebelum 2010, server Kaskus dipindahkan ke Indonesia. Sementara itu, berbagai postingan akun Fufufafa yang viral rata-rata tertulis tahun 2014. 

Gibran Rakabuming Raka (Instagram)Gibran Rakabuming Raka (Instagram)

"Sehingga saya berani pastikan 100 persen bahwa semua itu ada di server Kaskus yang ada di Indonesia, dengan demikian mudah banget sebenarnya untuk melihat itu," ujarnya.

Cara deteksi kedua, lanjutnya, dengan pendekatan secara algoritma atau secara psikologis. Roy Suryo menjelaskan bahwa setiap pemilik akun media sosial biasanya selalu memiliki kebiasaan tertentu yang cenderung sulit berubah. Termasuk dalam kebiasaan interaksi yang dilakukan di dunia maya tersebut.

Baca Juga: Viral Lagi! Jujur Tak Hobi Baca Buku, Sikap Polos Gibran Bikin Najwa Shihab Ngakak: Pencitraan Dikit Dong Mas

"Jadi saya bedah akun Fufufafa itu dia melakukan hubungan dengan mana saja. Sehingga kita dapatkan polanya linkage-nya ke mana aja," jelas Roy Suryo.

Diketahui, akun Kaskus, Fufufafa belakangan ini masih menjadi sorotan publik. Hal itu setelah akun tersebut kepergok telah menyebarkan hinaan kepada sejumlah tokoh termasuk Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Bahkan, nama Gibran turut terseret skandal Fufufafa karena dianggap sebagai pemiliknya. 

Lantaran menjadi sorotan publik, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi turut angkat bicara soal akun Fufufafa. Menurutnya, akun Kaskus itu bukan milik Gibran. 

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #yakin #persen #akun #fufufafa #milik #gibran #suryo #cara #buktikannya #mudah #banget

KOMENTAR