Antisipasi Kerawanan Pilkada Serentak, TNI AL Gelar Rakorsus Intelijen
Asisten Intelijen Kepala Staf Angkatan Laut (Asintel KSAL) Laksamana Muda TNI Akmal memimpin Rakorsus Intelijen TNI AL di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur. (Dispenal)
23:08
12 September 2024

Antisipasi Kerawanan Pilkada Serentak, TNI AL Gelar Rakorsus Intelijen

 

- Jelang pelaksanaan pilkada serentak pada November 2024 mendatang, Angkatan Laut melaksanakan Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Intelijen di Markas Besar TNI AL (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur pada Kamis (12/9). Hadir secara langsung dalam rakorsus tersebut  Asisten Intelijen Kepala Staf Angkatan Laut (Asintel KSAL) Laksamana Muda TNI Akmal. 

Dalam rakorsus dengan tema ”Sinergitas dan Soliditas Aparat Intelijen Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut Mensukseskan Agenda Nasional Pilkada Serentak Tahun 2024” itu, TNI AL membahas beberapa potensi kerawanan dalam pilkada serentak.

Salah satunya yang terkait dengan bantuan atau dukungan yang bisa diberikan oleh Angkatan Laut untuk menjamin kelancaran pilkada serentak.

Lewat sambutannya, Akmal menyampaikan bahwa rakorsus tersebut penting untuk menyamakan persepsi, berkomunikasi, dan berkoordinasi. Sehingga seluruh intelijen TNI AL punya bekal dan persepsi yang sama dalam menghadapi potensi kerawanan pilkada serentak 2024. Selain itu, dia ingin seluruh jajarannya mengurangi kesalahan dalam penanganan permasalahan pilkada. 

”Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan Rakorsus Intelijen Tahun 2024 dapat meningkatkan kesiapsiagaan aparat intelijen TNI AL di lingkungan kerja masing-masing menjelang pilkada serentak,” kata Akmal. 

Perwira tinggi bintang dua TNI AL itu menyampaikan bahwa pilpres dan pileg 2024 sudah berjalan dengan baik, aman, dan kondusif. Pihaknya ingin momen pergantian presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024 juga berlangsung lancar. Selain itu, pelaksanaan pilkada serentak pada 27 November 2024 juga tidak kalah penting. Sebab, ada ratusan daerah yang akan melaksanakan pilkada. 

Dua agenda penting tersebut, lanjut Akmal, secara tidak langsung menuntut aparat intelijen untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi event tersebut. Tujuannya tidak lain demi kelangsungan pergantian pemimpin negara yang aman dan lancar, serta pelaksanaan pilkada serentak yang damai. 

”(Rakorsus Intelijen TNI AL)dalam rangka menajamkan analisa perkembangan lingkungan strategis, serta mampu melaksanakan deteksi cepat dan memberikan laporan yang akurat terhadap adanya potensi kerawanan yang mungkin terjadi,” imbuhnya. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #antisipasi #kerawanan #pilkada #serentak #gelar #rakorsus #intelijen

KOMENTAR