Simak, Kompilasi Jawaban Menarik Cawapres dalam Debat Keempat Pilpres 2024
pertemuan pertama debat cawapres yang diselenggarakan pada 22 Desember 2023./ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
10:40
22 Januari 2024

Simak, Kompilasi Jawaban Menarik Cawapres dalam Debat Keempat Pilpres 2024

 

 – Debat keempat pilpres yang diselenggarakan pada Minggu (21/1/2024) di JCC Senayan, Jakarta menjadi pertemuan kedua bagi para cawapres dalam kegiatan debat.

Kegiatan debat ini menjadi panggung bagi cawapres untuk menampilkan kepiawaian dan wawasan mereka seputar sumber daya alam, masyarakat adat, lingkungan hidup, energi, dan agraria.

Selama debat berlangsung, tentunya terdapat jawaban-jawaban yang menarik dari masing-masing cawapres.

Dalam pertanyaan yang disampaikan mengenai strategi para cawapres dalam menanggulangi korupsi pertambangan dan perikanan ilegal serta pembalakan liar, cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa tambang yang memiliki izin atau legal bahkan tidak membawa kesejahteraan.

“Ada 2.500 tambang ilegal, sementara tambang yang legal saja tidak membawa kesejahteraan dan kita menyaksikan dalam proses penambangan dan bisnis tambang kita, hilirisasi dilakukan ugal-ugalan,” ujar Muhaimin Iskandar dikutip dari Antara.

Sedangkan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming menyatakan bahwa solusi yang tepat yakni mencabut izinnya.

“Simpel saja solusinya, izinnya dicabut, simpel, karena sesuai UUD 1945 Pasal 33 ayat (3) dan (4) dan Pancasila sila 4 dan 5,” pungkas Gibran.

Sedangkan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD mengungkapkan bahwa solusi yang tepat yakni menggunakan data sebagai rujukan dalam menemukan solusi yang tepat.

“Menjadi penting keterbukaan informasi tentang data, kalau kita mau menyelesaikan persoalan, data itu menjadi basis penyelesaian. Kami juga pernah ikut upaya penyelesaian satu peta sebagai rujukan,” tegas Mahfud.

Lalu dalam pertanyaan selanjutnya yang mempertanyakan terkait strategi dalam menghadapi perubahan iklim terhadap produksi dan kualitas gizi pangan, cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa solusinya yakni melalui pengembangan irigasi dan subsidi pupuk.

“Pengembangan irigasi dan subsidi pupuk tidak bisa dielakkan, tidak boleh kita melakukan pembiaran petani kita sehingga kita kekurangan pangan dan petani kita tidak diberi kesempatan mengisi kekurangan pangan itu,” ujar Muhaimin.

Sedangkan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming menyatakan bahwa kuncinya yakni melalui akses pupuk yang mudah didapatkan di daerah pertanian sehingga produktivitas pun akan meningkat.

“Kuncinya pupuk dan pupuk harus didekatkan dengan lahan-lahan pertanian, otomatis produktivitas akan meningkat dan jangan lupa mekanisasi, kita pengen meningkatkan produktivitas petani dan juga melibatkan generasi muda,” pungkas Gibran.  

Sedangkan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD menyatakan bahwa pentingnya penegakan aturan yang tepat guna memberikan solusi yang efektif bagi para petani.

“Problemnya sebenarnya bagaimana penegakan aturan, kami di Jawa Tengah pernah punya program di mana Pak Ganjar waktu jadi gubernur membuat 29 badan usaha milik petani yang itu efektif untuk membantu petani,” ujar Mahfud.

Selanjutnya dalam pertanyaan terkait kebijakan yang efektif untuk meningkatkan ketertarikan warga desa untuk tinggal dan membangun desanya, cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar mengungkapkan bahwa peningkatan anggaran dana desa akan meningkatkan kehidupan ekonomi serta infrastruktur yang baik pula.

“Naikkan lagi anggaran (Dana Desa) Rp5 miliar per desa agar tidak hanya infrastruktur yang baik, tetapi ada kehidupan ekonomi yang tumbuh melalui BUMDes dan berbagai kegiatan wirausaha,” tegas Muhaimin.

Sedangkan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming mengungkapkan bahwa pentingnya sense of belonging, yang merupakan rasa penerimaan, perhatian serta dukungan yang tumbuh dari masyarakat desa.

“Intinya di sini adalah bagaimana kita bisa menumbuhkan rasa sense of belonging dari masyarakat desa,” ujar Gibran.

Sedangkan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD menyatakan bahwa “Ada program seribu embung, desa mandiri, mandiri energi dan pangan, kemudian pembangunan irigasi. Di DIY ada Desa Panggungharjo dikenal sangat maju, masalahnya di daerah lain tidak jalan” ujarnya.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #kompilasi #jawaban #menarik #cawapres #dalam #debat #keempat #pilpres #2024

KOMENTAR