Respons Jokowi hingga Gibran Terkait Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang-Bobby
Dari kiri ke kanan: Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dan Kaesang Pangarep. 
05:31
11 September 2024

Respons Jokowi hingga Gibran Terkait Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang-Bobby

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan ayah dari Kaesang Pangarep telah menyikapi dugaan gratifikasi jet pribadi yang dialamatkan ke anak bungsunya itu.

Selain Jokowi, kakak kandung Kaesang yakni Gibran Rakabuming Raka yang juga sebagai wakil presiden terpilih, telah bersuara terkait polemik tersebut.

Jokowi tidak secara tegas dalam menyikapi dugaan gratifikasi yang melibatkan anaknya, Ia hanya menyebut semua sama di mata hukum.

"Ya semua warga negara sama di mata hukum ya itu aja," kata Jokowi usai menyaksikan pertandingan Indonesia Vs Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa, (10/9/2024).

Gibran meminta wartawan untuk menanyakan langsung terkait polemik jet pribadi kepada Kaesang.

"Ya tanyakan Kaesang ya," katanya kepada wartawan di sela mendampingi blusukan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Respati Ardi dan Astrid Widayani di Jajar Kecamatan Laweyan Kota Solo, Selasa (10/9/2024) siang.

Saat ditanya polemik jet pribadi ada kaitannya soal MoU dengan e-commerce, Gibran membantah hal tersebut.

"Nggak ada kayak gitu, ngawur," tuturnya.

Menurutnya, kerja sama sebuah e-commerce dengan Tecno Park dilakukan secara profesional dan tidak ada kaitanya dengan hal tersebut.

"Kita profesional tidak ada yang seperti itu," imbuhnya.

Sementara itu saat ditanya soal polemik jet pribadi yang juga melibatkan adik iparnya yakni Bobby Nasution, Gibran mempersilahkan menanyakan hal tersebut kepada yang bersangkutan.

"Tanyakan ke Bobby Ya," tuturnya.

Sebelumnya, KPK mengungkap adanya pihak yang melaporkan Bobby Nasution terkait dugaan gratifikasi. Gratifikasi itu diduga berupa fasilitas private jet atau jet pribadi.

"Kalau per kapannya, (laporan itu) saya tidak bisa buka, tapi informasi yang kami dapatkan ada," kata juru bicara KPK, Tessa Mahardhika, kepada wartawan, Jumat (6/9).

Sebelum Bobby turut dilaporkan ke KPK soal kasus yang sama, Bobby yang menjabat Wali Kota Medan membela Kaesang karena bukan pejabat publik.

"Coba lihat tanggal berapa (keberangkatan), kepunyaan siapa pesawatnya, pakai dana siapa walaupun itu bukan pesawat sendiri walaupun itu sewa uangnya dari mana silahkan dicek, " kata Bobby Nasution, Selasa (3/9/2024).

Menantu Jokowi itu menyebut penggunaan pesawat jet oleh Kaesang bersama istrinya Erina Gudono bukan hasil dari korupsi maupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Silahkan dicek, silahkan diperiksa apakah ada bagian uang dari APBD apakah ada uang korupsi, yang pasti saya sampaikan tidak. Saya bisa pastikan bukan dari situ, " ujarnya.

Terkait Kaesang yang dilaporkan ke KPK karena diduga menerima gratifikasi, Bobby menyebutkan bahwa Kaesang  bukanlah pejabat publik.

"Kaesang pejabat publik? Setahu saya, Kaesang bukan pejabat publik ya," ucapnya.

Sikap Kaesang

Kaesang yang juga sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akhirnya muncul ke publik usai dikabarkan hilang.

Kaesang pertama kali muncul di Kantor DPP PSI, Jakarta pada Rabu (4/9/2024) sore.

Saat itu, Ia mengaku akan menggelar rapat. Dibanding memberikan klarifikasi, Kaesang Pangarep memilih berlalu sambil tersenyum.

"Halo semua, selamat malam," kata Kaesang singkat sambil tersenyum.

Kaesang pun bergegas masuk ke dalam mobil yang telah terparkir di depan Kantor PSI.

"Sehat-sehat semua," ucap Kaesang dalam mobil.

Tindakan Wajar Naik Pesawat Jet Pribadi

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo), Budi Arie Setiadi menanggapi ramai protes kepada Kaesang Pangarep karena memakai jet pribadi saat pelisiran ke Amerika Serikat (AS).

Menurutnya, Kaesang wajar-wajar saja memakai jet pribadi ke AS. Pasalnya, sang istri Erina Gudono sedang hamil tua sehingga tidak boleh naik pesawat umum.

"Udahlah istrinya Mas Kaesang itu kan hamil sudah 8 bulan. Kan enggak boleh naik angkutan umum, pesawat umum mana boleh," kata Budi saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Lebih lanjut, Menkominfo RI itu menyampaikan pemakaian jet pribadi Kaesang bukanlah bentuk gratifikasi. Sebab, Kaesang diklaim hanya menumpang jet pribadi milik temannya.

"Lho enggak bisa (dianggap gratifikasi), itu (jet pribadi) temennya kok. Sama kayak saya pinjemin kamu, temen. Bukan pejabat publik Mas Kaesang," pungkasnya.

Dilaporkan MAKI

Sebelumnya beredar di media sosial pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sedang plesiran ke Amerika Serikat menggunakan jet pribadi jenis Gulfstream G650 dengan nomor penerbangan N588SE.

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengirimkan dokumen memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Solo dan sebuah perusaahaan kepada KPK.  

Dokumen itu ditandatangani Gibran, kakak Kaesang yang saat itu menjabat Wali Kota Solo.

Sementara itu, pesawat jet yang dinikmati Kaesang disebut milik perusahaan yang masih satu naungan bersama perusahaan yang bekerja sama dengan Pemkot Solo.

KPK sebelumnya hendak memanggil Kaesang terkait dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi ini.  

Namun, KPK batal mengklarifikasi Kaesang lewat Direktorat Gratifikasi karena disebut sudah bukan jadi fokus KPK.

Meski demikian, laporan masyarakat terkait penerimaan gratifikasi penggunaan jet pribadi yang melibatkan Kaesang ini akan tetap ditindaklanjuti lewat Direktorat Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM).

Lewat mekanisme ini, KPK tak bisa langsung memanggil Kaesang karena laporan masyarakat yang masuk harus ditelaah lebih dulu. 

Editor: Seno Tri Sulistiyono

Tag:  #respons #jokowi #hingga #gibran #terkait #dugaan #gratifikasi #pribadi #kaesang #bobby

KOMENTAR