Cek Fakta: Tanpa Anies di Pilkada DKI, Warga Jakarta Akan Coblos Semua Kandidat
Thumbnail Youtube DPRDOTCOM (Foto: youtube @DPRDOTCOM)
18:56
9 September 2024

Cek Fakta: Tanpa Anies di Pilkada DKI, Warga Jakarta Akan Coblos Semua Kandidat

Sebuah video yang diunggah oleh channel YouTube DPRDOTCOM pada 28 Agustus 2024 menampilkan thumbnail arak-arakan kesenian khas Betawi. Video tersebut menampilkan narasi bahwa banyak warga Jakarta akan mencoblos semua calon dalam Pilkada Jakarta tanpa Anies Baswedan.

"KECEWA BERAT !! PILKADA DKI TAK ADA ANIES, BANYAK WARGA JAKARTA AKAN NYUBLOS SEMOA KANDIDAT," narasi dalam video tersebut, dikutip Senin.

Namun, setelah menonton keseluruhan isi video, tidak ditemukan informasi yang relevan dengan klaim bahwa warga Jakarta akan mencoblos semua calon dalam Pilkada tanpa Anies Baswedan.

Video tersebut hanya berisi potongan beberapa peristiwa berbeda yang tidak saling berkaitan dan tidak membahas klaim utama yang diangkat dalam thumbnail.

Baca Juga: Gerakan Anak Abah Coblos Tiga Paslon di Pilkada Jakarta, Anies: Itu Hak Konstitusi

Narasi yang disampaikan dalam video tersebut membahas keputusan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang disebutkan batal mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada 2024.

Narasi ini merujuk pada artikel yang diterbitkan viva.co.id berjudul “Ini Alasan PDIP Batal Usung Anies di Pilkada DKI Jakarta Menurut Pakar Politik”. Namun, narasi tersebut tidak ada kaitannya dengan klaim bahwa banyak warga Jakarta akan mencoblos semua calon.

Sementara thumbnail video yang menampilkan arak-arakan kesenian khas Betawi diambil dari momen ketika pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung dan Rano Karno, menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.

Mereka diiringi oleh kesenian khas Betawi pada Rabu, 28 Agustus 2024. Gambar tersebut sebenarnya berasal dari situs antaranews.com dengan judul “Pramono Anung – Rano Karno Mendaftar ke KPU DKI Jakarta”.

Kesimpulan
Dengan demikian, klaim bahwa Pilkada Jakarta tanpa Anies Baswedan akan menyebabkan banyak warga Jakarta mencoblos semua calon tidak terbukti. Video ini hanya berisi potongan cuplikan yang tidak relevan dan menyesatkan. Narasi yang disajikan dalam video maupun thumbnail tidak memiliki dasar fakta dan termasuk dalam konten yang menyesatkan.

Baca Juga: Anies Baswedan Dirikan Parpol Baru? Sandiaga Uno: Kami Pernah Bahas saat Pimpin Jakarta

Editor: Bella

Tag:  #fakta #tanpa #anies #pilkada #warga #jakarta #akan #coblos #semua #kandidat

KOMENTAR