Usai Debat, Mahfud Ucapkan Terima Kasih ke Jokowi, Apa Maksudnya?
Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka beradu gagasan dengan Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD saat debat Capres-Cawapres keempat di JCC Senayan, Jakarta, Mnggu (21/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
04:24
22 Januari 2024

Usai Debat, Mahfud Ucapkan Terima Kasih ke Jokowi, Apa Maksudnya?

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD menyampaikan rasa terimakasihnya terhadap Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi usai menjalani Debat keempat Pilpres 2024. Pasalnya ini menjadi debat terakhir dirinya sebagai cawapres.

Mahfud merasa dalam debat tadi sudah memberikan yang terbaik.

"Baik tadi rasanya di dalam debat ya biasa-biasa saja lah begitu debat itu. Itu penilaian setiap orang berbeda tetapi saya sendiri merasa bahwa saya memberi sudah memberi yang terbaik untuk debat ini," kata Mahfud.

Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih kepada Jokowi lantaran selama kurang lebih empat tahun lamanya dipercaya menjadi Menko Polhukam.

"Oleh sebab itu, karena ini debat terakhir untuk cawapres, saya ingin sampaikan terima kasih kepada Pak Jokowi. Karena lima tahun yang lalu, tepat setengah tahun yang lalu beliau meminta saya menjadi Menko Polhukam. Saya semakin banyak belajar dan ingin tahu bahwa beliau itu sangat peduli terhadap kesejahteraan rakyat dan kebaikan rakyat," tuturnya.

Menurutnya, dengan dijadikan Jokowi sebagai menteri, pengalamannya akan dipakai ketika menjabat sebagai Wapres mendampingi Ganjar Pranowo.

"Itulah sebabnya, pada tahun ini saya bersedia pula ketika diminta untuk menjadi cawapresnya Pak Ganjar Pranowo. Karena apa yang saya peroleh selama (menjadi) menterinya Pak Jokowi itu bisa saya lanjutkan di zaman atau di dalam tugas-tugas Pak Ganjar pranowo, kalau sudah menjadi presiden nanti," ujarnya.

"Karena Pak Ganjar dan pak Jokowi itu sama-sama merupakan presiden rakyat," sambungnya.

Debat Keempat Pilpres 2024

Debat keempat Pilpres 2024 digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024) mulai pukul 19.00 WIB. Dalam debat ini kembali mempertemukan tiga cawapres, yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Tema yang diangkat dalam debat yakni pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Berbeda dari sebelumnya, debat kali ini akan dikawal oleh dua moderator perempuan yakni Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari Metro TV. Tayangan debat berlangsung selama 120 menit dibagi dalam enam segmen yang sudah disusun untuk debat.

Sebelum digelarnya debat, 11 panelis sudah diputuskan untuk merumuskan pertanyaan yang bakal dipilih secara acak untuk dijawab oleh Cak Imin, Gibran dan Mahfud MD.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #usai #debat #mahfud #ucapkan #terima #kasih #jokowi #maksudnya

KOMENTAR