PDIP Dikabarkan Bakal Usung Anies di Pilkada Jakarta, Begini Sikap Ganjar
Ketua DPP PDIP Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Ganjar Pranowo. [Suarajogja.id/Hiskia Andika Weadcaksana]
15:40
26 Agustus 2024

PDIP Dikabarkan Bakal Usung Anies di Pilkada Jakarta, Begini Sikap Ganjar

Ketua DPP PDI Perjuangan Ganjar Pranowo buka suara terkait kemungkinan nama Anies Baswedan yang akan diusung dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. Di satu sisi Ganjar sebelumnya sempat menyatakan lebih condong untuk memilih kader PDIP sendiri.

Kendati demikian mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu tidak memungkiri ada dinamika yang berlangsung selama proses pemilihan kandidat. Sehingga apapun keputusannya akan diserahkan sepenuhnya oleh ketua umum.

"Ya kalau saya sih dukung kader PDIP dan kadernya cukup banyak gitu ya tapi prosesnya berlangsung dinamikanya ada, setiap perbedaan tentu harus diambil keputusan dan keputusan kita serahkan ke ketua umum. Jadi nanti kita tunggu saja pengumumannya," kata Ganjar ditemui di Fisipol UGM, Senin (26/8/2024).

Lebih lanjut Ganjar masih enggan mengungkap soal nama-nama kandidat yang akan diumumkan oleh DPP PDI Perjuangan hari ini. Termasuk kemungkinan duet Anies Baswedan dan Rano Karno hingga nama Andika Perkasa di Jawa Tengah.

Baca Juga: Wajibkan Airin Pakai Merah-Hitam usai Didukung Nyagub, Megawati Bicara soal Konsistensi Kader Baru usai Masuk PDIP

"Kita tunggu pengumuman. Kita tunggu aja, kita tunggu. Sebentar lagi diumumkan," ujarnya.

Anies Baswedan dan Rano Karno disebut bakal dideklarasikan sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024 oleh PDIP. Pasangan itu disebut bakal diumumkan di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8/2024) siang.

Juru Bicara Anies Baswedan, Angga Putra Fidrian, mengungkapkan Anies dijadwalkan ke Kantor DPP PDI Perjuangan yang berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 58, Jakarta, pada Senin siang.

Meski begitu, Angga enggan menjelaskan lebih detail mengenai tujuan kunjungan mantan Gubernur Jakarta itu ke markas partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Iya ke DPP, tetapi detailnya bisa ditanya ke PDIP," ujar Angga saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Megawati Pusing Ke Pihak yang Cuma Mau Dompleng PDIP: Nggak Nurut Out!

Sebelumnya beredar kabar Anies sudah menyiapkan baju merah dan meminta restu dari ibunda sebelum berangkat ke DPP PDIP.

Hal ini pun menjadi sinyal bahwa Anies akan didukung PDIP untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024. Ia pun tengah menunggu arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya mengikuti proses, kita tunggu saja sampai teman-teman di PDI Perjuangan menyampaikan kepada saya. Tentu semuanya menunggu arahan dari Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati. Saya menunggu," ujar Anies Baswedan kepada wartawan di Posko Pemenangan Partai Buruh, Jakarta, Minggu (25/8).

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #pdip #dikabarkan #bakal #usung #anies #pilkada #jakarta #begini #sikap #ganjar

KOMENTAR