Jadi Wamenkominfo, Apa Latar Belakang Pendidikan Angga Raka Prabowo?
Ilustrasi pendidikan angga raka prabowo (Instagram @anggarakaprabowo)
17:52
21 Agustus 2024

Jadi Wamenkominfo, Apa Latar Belakang Pendidikan Angga Raka Prabowo?

Baru-baru ini, reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo membawa sejumlah nama yang sudah tidak asing lagi, termasuk Angga Raka Prabowo, seorang politikus dari Partai Gerindra yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri Kominfo.

Pencarian informasi terkait latar belakang pendidikan Angga Raka Prabowo meningkat, terutama karena banyak masyarakat yang mempertanyakan langkah-langkah yang diambil oleh Kemkominfo belakangan ini. Rasa ingin tahu ini muncul untuk memastikan bahwa penunjukan pejabat di posisi penting seperti ini tidak semata-mata didasarkan pada kepentingan politik, tetapi juga pada kualifikasi pendidikan dan pengalaman yang mumpuni.

 Pendidikan Angga Raka Prabowo

Diketahui dirinya lahir di Surakarta pada 1 Oktober 1987 silam. Artinya di tahun 2024 ini, dirinya akan berusia 37 tahun. Meski demikian dari berbagai artikel yang beredar dan beberapa sumber yang ada, belum ditemukan riwayat pasti tentang pendidikan yang bersangkutan.

Baca Juga: Cek Fakta: Prabowo Pura-pura jadi Muslim untuk Menipu Rakyat, Benarkah?

Angga Raka Prabowo bersalaman dengan Presiden Jokowi usai dilantik jadi Wakil Menteri Kominfo. [Dok.Antara]Angga Raka Prabowo bersalaman dengan Presiden Jokowi usai dilantik jadi Wakil Menteri Kominfo. [Dok.Antara]

Hal yang paling banyak dibahas adalah loyalitasnya pada Partai Gerindra dan sang ketua umum, Prabowo Subianto, yang juga menjadi presiden terpilih untuk periode 2024 hingga 2029 mendatang. Tak heran jika banyak yang mengira pengangkatan Angga memiliki motivasi politik yang kuat, sebab dirinya juga dikenal orang yang berperan besar dibalik kesuksesan kampanye pasangan Prabowo-Gibran beberapa waktu yang lalu.

Riwayat Karier

Nama Angga sendiri muncul pada tahun 2012 silam, sejak ia bergabung dengan Partai Gerindra. Belakangan ia menjabat sebagai Ketua Bidang Komunikasi atau Direktur Media Kampanye Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran dalam Pemilu Presiden 2024.

Di partai, ia dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal. Belakangan dirinya diangkat sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia oleh Presiden Joko Widodo untuk mendampingi Budi Arie Setiadi selaku Menkominfo.

Namanya juga disebut sebagai pemilik koran berbahasa Inggris, Independent Observer, yang diduga menjadi alat propaganda Prabowo di Pemilu 2019 lalu. Ia pernah pula dikenalkan sebagai Komisaris PT Teknologi Militer Indonesia pada 2021, ketika perusahaan tersebut dikabarkan menggarap proyek pengadaan Alutsista Kemenhan dengan nilai yang fantastis.

Baca Juga: Jokowi Disebut Bermain Politik Kotor, Ini Komposisi Menteri PDIP dan Gerindra Usai Yasonna Dicopot

Tugasnya sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika

Untuk tugasnya sendiri secara umum adalah mendampingi Menkominfo Budi Arie dalam menjalankan tugasnya. Namun lebih spesifik, ia diharapkan dapat berbagi tugas dengan Menkominfo sehingga tugas strategis dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

Beberapa prioritas yang ada adalah menuntaskan aturan turunan dan kelembagaan dalam pelaksanaan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi. Angga juga ditugasi untuk mempercepat pemberantasan judi online, perbaikan arsitektur dan tata kelola data nasional, dan optimalisasi AI untuk meningkatkan pelayanan publik.

Itu tadi sekilas bahasan tentang pendidikan Angga Raka Prabowo, yang hingga saat ini belum ditemukan secara jelas datanya. Semoga dalam waktu dekat riwayat pendidikannya dapat dibuka, sehingga publik mengetahui apa yang menjadi dasar keilmuwan dari Wamenkominfo ini.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #jadi #wamenkominfo #latar #belakang #pendidikan #angga #raka #prabowo

KOMENTAR