Reshuffle Kabinet Dinilai untuk Transisi Pemerintahan Lama ke Baru
Pejabat baru Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Menkumham Supratman Andi Atgas, Kepala BKPM/Menteri Investasi Roslan Roeslani dan Wamen Kominfo Angga Raka Prabowo mengucapkan sumpah jabatan saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024). Presiden Jokowi melantik sejumlah menteri,wakil menteri dan dan beberapa kepala badan pemerintahan, di antaranya Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif, Supratman Andi Agtas sebagai Menkumham menggantikan Yasonna L
00:41
21 Agustus 2024

Reshuffle Kabinet Dinilai untuk Transisi Pemerintahan Lama ke Baru

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan perombakan kabinet di penghujung kinerjanya semata-mata untuk transisi antara pemerintahan lama ke pemerintahan baru.

Hal itu disampaikan Direktur Indonesia Public Institute Karyono Wibowo menanggapi perombakan kabiner Indonesia Maju.

"Kalau sih melihat ada beberapa aspek ya, yang pertama reshuffle itu untuk kepentingan transisi, sinkronisasi masa pemerintahan lama ke pemerintahan baru," kata Karyono Wibowo kepada wartawan, Selasa (20/8/2024).

Ia menambahkan, sebelum melakukan reshuffle kabinet Jokowi sudah lebih dulu menambahkan kursi di kementerian untuk transisi era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) ke Prabowo Subianto.

"Seperti Wamenkeu itu kan dalam rangka sinkronisasi peralihan pemerintahan lama ke pemerintahan baru," katanya.

Menurutnya, adanya perombakan kabinet ini untuk mengakomodir kekuatan pendukung Prabowo-Gibran.

"Kan beberapa masuk ya, misalnya menteri hukum dan ham Supratman itu dari Gerindra, itu tujuannya untuk mensinkronisasi pemerintahan lama ke pemerintahan baru," tutupnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi merombak kabinetnya pada  Senin (19/8/2024). Jokowi melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif di Istana Negara. Selain itu Jokowi juga melantik Kader Gerindra Supratman Andi Atgas menjadi Menteri Hukum dan HAM menggantikan Yasonna Laoly, dan Rosan Roeslani dilantik jadi Menteri Investasi/Kepala BKPM menggantikan Bahlil.

Selanjutnya, Jokowi juga mengangkat anak buah Prabowo, Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).

Bahlil, Supratman dan Rosan dilantik sebagai Menteri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 92P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Sedangkan, Angga Raka dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 52M tahun 2024 tentang pengangkatan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #reshuffle #kabinet #dinilai #untuk #transisi #pemerintahan #lama #baru

KOMENTAR