Catat! Ini Satu-satunya Tanggal Merah September 2024, Ada Libur Cuti Bersama?
Catat! Ini Satu-satunya Tanggal Merah September 2024, Ada Libur Cuti Bersama? (freepik)
17:30
18 Agustus 2024

Catat! Ini Satu-satunya Tanggal Merah September 2024, Ada Libur Cuti Bersama?

Menjelang akhir tahun 2024, masih ada beberapa tanggal merah dalam rangka memperingati hari besar nasional. Daftar tanggal merah paling dekat adalah daftar tanggal merah September 2024.

Daftar tanggal merah September 2024 sudah tertera dalam SKB 3 Menteri. Tanggal merah bulan September 2024 jatuh pada hari kerja.

Seperti yang sudah diketahui, SKB 3 Menteri merupakan surat keputusan bersama yang membahas tentang hari libur nasional dan cuti bersama 2024. Di bulan September, daftar tanggal merah hanya satu hari. Tanggal merah September 2024 itu jatuh pada hari Senin, 16 September 2024. Hari tersebut merupakan hari libur nasional untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. Jikapun ada cuti bersama, maka kemungkinan akan diberikan pada Selasa, 17 September 2024. Namun, kabar mengenai cuti untuk memperingati hari Maulid Nabi Muhammad saw belum diumumkan.

Oleh karena itu, untuk sementara waktu daftar tanggal merah September 2024 hanya satu hari, yakni Senin, 16 September 2024. Meskipun belum ada kabar cuti bersama, tanggal merah di bulan September tersebut masuk ke dalam long weekend. Hari-hari sebelum tanggal 16 September adalah hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, sehingga semua orang bisa memanfaatkan long weekend tersebut untuk berlibur.

Baca Juga: Link CPNS 2024, Cek Formasi dan Pendaftaran

Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw

Peringatan maulid Nabi Muhammad saw merupakan peringatan penting bagi umat Islam karena ini merupakan momen untuk menghormati hari lahir rasul dan nabi terakhir yang diutus oleh Allah SWT ke muka bumi untuk menyiarkan kebenaran. Selama momen penting peringatan maulid Nabi Muhammad saw, umat Islam dianjurkan untuk membaca shalawat nabi sebanyak-banyaknya.

Berikut bacaan shalawat nabi Muhammad saw,

1. Sholawat Matsuroh

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ

"Allahumma shalli alaa Muhammadinin 'abdika wa rosulika nabiyyil ummi wa'alaa aalihii wa sallim."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, hambaMu, nabiMu, dan utusanMu yang ummi serta limpahkan pada keluarganya dan sahabatnya, juga limpahkan salam atas mereka."

Baca Juga: Cara Melihat Formasi CPNS 2024, Cek Di Sini

2. Sholawat Al Fatih

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ


Allaahumma shalli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidinaa Muhammadinil faatihi limaa ughliqa, wal khaatimi limaa sabaqa wan naashiril haqqa bilhaqqi, wal haadii ilaa shiraathikal mustaqiimi, shallaallaahu 'alaihi wa 'alaa aalihi wa ash haabihi haqqa qadrihi wa miqdaarihil 'adziimi

Artinya: "Ya Allah, curahkanlah rahmat takzim, salam sejahtera serta keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, sebagai pembuka sesuatu yang terkunci (tertutup) dan penutup sesuatu (para utusan) yang terdahulu. Dialah penolong kebenaran dengan kebenaran dan pemberi petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan (memberikan) sholawat kepada Nabi Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya dengan kekuasaan dan ukuran Allah Yang Mahaagung."

Di samping melafalkan shalawat, umat Islam dalam kehidupan sehari-harinya diharapkan dapat mencontoh akhlak mulia Rasulullah saw, yang berupa senantiasa berkata jujur, bersikap toleran, lemah lembut, selalu sabar, dermawan, murah hati, tidak sombong, dan dapat dipercaya.

Demikian itu informasi daftar tanggal merah September 2024. Semoga bisa dimengerti.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #catat #satu #satunya #tanggal #merah #september #2024 #libur #cuti #bersama

KOMENTAR