Paskibraka Pembawa Baki Bendera Mendadak Diganti yang Tak Berhijab, Begini Aturan Sebenarnya
Livenia Evelyn Kurniawan, pembawa baki bendera pada upacara HUT RI ke-79 di IKN. [YouTube/Sekretariat Presiden]
12:48
18 Agustus 2024

Paskibraka Pembawa Baki Bendera Mendadak Diganti yang Tak Berhijab, Begini Aturan Sebenarnya

Livenia Evelyn Kurniawan, pelajar asal Kalimantan Timur (Kaltim), terpilih menjadi pembawa baki bendera Sang Merah Putih pada peringatan HUT ke-79 RI di halaman Istana Negara IKN, Sabtu (17/8/2024) pagi.

"Pengumuman Livenia Evelyn Kurniawan sebagai pembawa bendera diumumkan pagi ini pukul 07.00 WITA," ujar Humas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Marbawi kepada awak media di IKN, Sabtu (17/8/2024).

Soal terpilihnya Livenia rupanya menuai polemik. Sebab, sebelum ia terpilih, ada nama Maulia Permata Putri, siswi SMAN 1 Kota Solok yang dilatih untuk menjadi pembawa baki dalam upacara peringatan kemerdekaan RI. 

Publik menyoroti Maulia Permata Putri yang berhijab diganti oleh Livenia Evelyn Kurniawan yang tak berhijab. Lantas, bagiamana sebetulnya aturan penunjukkan pembawa baki? Betulkah ada kecurangan?

Baca Juga: Freeport Indonesia Pecahkan Rekor Muri Gelar HUT RI di Lokasi Elevasi Tertinggi, Ini Penampakannya

Aturan Penunjukkan Pembawa Baki

Livenia sendiri merupakan siswi SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda, Kalimantan Timur. Ia terpilih dari 76 personel Paskibraka Nasional 2024 yang diberitugas mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih di IKN.

Sementara itu, Maulia pada 11 Agustus lalu dikabarkan tengah dilatih menjadi pembawa baki bendera untuk HUT ke-79 RI di IKN. Hal ini disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, SMAN 1 Kota Solok, Dwi Suyarto.

"Saat ini Maulia tengah mengikuti latihan di Jakarta. Semoga saja mampu mempertahankan sehingga tetap terpilih sebagai pembawa baki bendera sampai pada upacara HUT RI nantinya," kata Dwi.

Mengetahui hal itu, publik merasa ada yang tidak beres. Terlebih, sosok Maulia diketahui berhijab dan diganti oleh Livenia yang tak berhijab. Tak sedikit orang yang menilai ada kecurangan hingga unsur kesengajaan.

Baca Juga: Prabowo Beri Jawaban soal Upacara 17 Agustus di IKN Tahun Depan, Ini Katanya

Terkait polemik itu, Pembina Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2018, Suyitno mengungkap aturan soal pembawa baki. Di mana mereka akan ditunjuk pada hari H penyelenggaraan upacara jam 7 pagi.

"Pemilihan pembawa baki akan dilakukan pada hari H jam 07.00 pagi," ujar Suyitno, mengutip ANTARA, Minggu (18/8/2024).

Menurutnya, panitia akan memilih siswa atau siswi yang memiliki prestasi serta kemampuan yang terbaik untuk menjadi pembawa baki bendera pusaka. Mereka yang menerima pelatihan, kata dia, belum tentu dipilih.

"Semua diberikan pelatihan yang sama dan diberikan peluang yang sama (untuk menjadi pembawa baki)" ucap Suyitno.

Dengan kata lain, berdasarkan penuturan Suyitno, pembawa baki HUT ke-79 RI di IKN tidak diganti. Penunjukkan Livenia untuk mengemban tugas itu sudah sesuai aturan, sehingga sepertinya tak ada kesengajaan yang dikhawatirkan masyakarat.

Adapun sebelumnya ramai anggota Paskibraka yang diminta melepas hijabnya oleh BPIP saat mengikuti rangkaian peringatan HUT ke-79 RI. Hal ini lantas menuai kecaman dari publik yang menilai keberagaman di Indonesia seperti sudah mati.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #paskibraka #pembawa #baki #bendera #mendadak #diganti #yang #berhijab #begini #aturan #sebenarnya

KOMENTAR