Armor Toreador Suami Cut Intan Nabila Diduga Idap NPD, Ketahui Ciri-cirinya
Polisi mengawal tersangka kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), penganiayaan dan kekerasan anak berinisial ATG (tengah) saat konferensi pers di Polres Bogor, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/8/2024). [ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nym]
15:28
16 Agustus 2024

Armor Toreador Suami Cut Intan Nabila Diduga Idap NPD, Ketahui Ciri-cirinya

Armor Toreador, suami dari sosok influencer Cut Intan Nabila diduga mengidap gangguan kepribadian narsistik atau Narcissistic Personality Disorder (NPD). Semua itu berawal dari perlakuan Armor Toreador terhadap sang istri.

Cut Intan Nabila sempat merekam beragam bukti dari Armor Toreador yang melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap dirinya.

Tak hanya gemar melakukan kekerasan terhadap anak dan istrinya, tapi Armor Toreador juga memiliki beberapa perilaku narsis. Adapun literatur psikologi kekinian telah mengaitkan perilaku NPD dengan tindakan KDRT.

Lantas, seperti apa ciri-ciri seorang pengidap NPD?

Baca Juga: Keluarga Armor Toreador Terpukul Kasus Anaknya Viral

Cut Intan Nabila dan Armor Toreador bersama dua anak mereka. [Instagram]Cut Intan Nabila dan Armor Toreador bersama dua anak mereka. [Instagram]

Minim empati

Sebagai sosok yang diduga mengidap NPD, Armor Toreador tampak hanya punya sedikit empati atau bahkan tak bisa berempati sama sekali.

Hal itu yang diduga mendorong dirinya untuk memberikan perlakuan yang sadis terhadap sang istri. Mayoritas psikolog sepakat bahwa minimnya empati terhadap orang lain adalah ciri-ciri seorang dengan NPD.

Psikolog dr. Zulvia Oktanida Syarif, SpKJ bahkan sampai mencatat bahwa seorang dengan NPD tak punya kemampuan untuk mencintai dan berkorban demi orang lain.

"Dia minim sekali kemampuan mencintainya. Jadi dia tidak mengerti rasanya mencintai seseorang, sehingga dia juga tidak mengerti bagaimana berkorban untuk orang lain. Karena memang dia tidak punya kemampuan itu," ujar dr. Zulvia dalam sebuah seminar, dikutip Suara.com pada Kamis (15/8/2024).

Baca Juga: Cerita Nikmatnya Pacaran Sesudah Nikah, Unggahan Lawas Cut Intan Nabila di Facebook Bikin Miris

Kolasi Armor Toreador dan Cut Intan Nabila [kampuscki.com/Instagram @cut.intannabila]Kolasi Armor Toreador dan Cut Intan Nabila [kampuscki.com/Instagram @cut.intannabila]

Menunjukkan cinta di awal untuk memanipulasi 'korban'

Lebih spesifiknya dalam konteks hubungan dan percintaan, seorang dengan NPD akan cenderung melakukan 'love bombing' alias menunjukkan cinta di awal sebagai kedok.

Nantinya dengan love bombing tersebut, seorang dengan NPD dapat memanipulasi 'korbannya' agar memberikan afeksi yang sama.

Namun pada akhirnya, seorang dengan NPD akan memanfaatkan sosok korban tersebut usai memberikan kepercayaan.

"Kenapa dia bisa menunjukkan love bombing dari awal dia berkenalan, karena dia merasa orang ini yang akan menjadi 'korban', yang bisa memberikan supply untuk narsismenya dia," papar dr. Zulvia.

Membutuhkan banyak perhatian dan rentan selingkuh

Lantaran punya sifat narsis, seorang pengidap NPD akan butuh banyak perhatian.

Psikoterapis Tammy Nelson dalam beberapa bukunya mencatatkan bahwa saking banyaknya perhatian yang diinginkan oleh seorang pengidap NPD, ia menjadi sosok yang rentan berselingkuh.

Lalu dalam pengakuan Cut Intan Nabila, Armor Toreador kerap terlibat dalam hubungan gelap dengan wanita lain yang bukan pasangan sahnya.

"Sudah berkali-kali saya maafkan, tapi tak pernah terbuka hatinya, ternyata benar, perselingkuhan dan KDRT tidak akan pernah berubah," tulis Cut Intan Nabila dalam unggahannya di Instagram.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #armor #toreador #suami #intan #nabila #diduga #idap #ketahui #ciri #cirinya

KOMENTAR