Mencuci Buah Tak Hilangkan Pestisida? Ini Fakta Penelitian Terbaru
Ilustrasi Buah-buahan (pexels.com/Jane Trang Doan)
07:14
14 Agustus 2024

Mencuci Buah Tak Hilangkan Pestisida? Ini Fakta Penelitian Terbaru

Mencuci buah dan sayuran di bawah air mungkin menghilangkan kotoran pada lapisan luar, tetapi studi terbaru menunjukkan bahwa langkah tersebut belum cukup untuk menghindari pestisida.

Peneliti menyarankan agar produk harus dikupas untuk menghilangkan pestisida secara efektif. Mengutip Medical Daily, Selasa (13/8/2024), penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nano Letters dari American Chemical Society menemukan bahwa pestisida dapat menembus lebih dalam ke dalam buah, bukan hanya pada kulit luarnya.

Atas dasar itu, mencuci produk saja mungkin tidak cukup untuk menghindari konsumsi pestisida; pengupasan diperlukan untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan.

"Studi ini, yang berada dalam cakupan luas keamanan pangan, berusaha memberikan panduan kesehatan kepada konsumen. Penelitian ini menunjukkan bahwa mengupas dapat secara efektif menghilangkan hampir semua residu pestisida, dibandingkan dengan hanya mencuci," ujar Dongdong Ye, salah satu penulis makalah tersebut.

Dalam studi ini, para peneliti menggunakan teknik spektroskopi Raman yang diperkuat permukaan (SERS) untuk menyelidiki bagaimana pestisida meresap ke dalam apel. Mereka menemukan bahwa metode pembersihan tradisional tidak mampu menghilangkan pestisida sepenuhnya.

Namun, proses pengupasan yang menghilangkan lebih dari 30 μm lapisan daging buah terbukti mampu secara efektif menghindari bahaya pestisida yang menembus epidermis dan lapisan luar daging buah.

SERS adalah teknik pencitraan yang sensitif dan tidak merusak, yang dapat mendeteksi konsentrasi zat berbahaya dengan energi lebih sedikit dibandingkan spektroskopi Raman tradisional.

Teknik ini sangat berguna untuk menganalisis campuran kimia, memeriksa kualitas produk seperti farmasi dan makanan, serta memantau proses kimia dalam produksi.

Para peneliti percaya bahwa teknik ini juga dapat digunakan untuk menganalisis kontaminan dalam makanan lain seperti bubuk cabai, beras, mentimun, dan udang.

Dalam pengujian, tim menyemprotkan apel dengan dua pestisida, thiram dan carbendazim, lalu membiarkannya kering sebelum mencucinya dengan air seperti yang biasa dilakukan konsumen. Dengan menggunakan membran baru dan metode SERS, mereka mendeteksi jejak pestisida pada kulit apel dan lapisan luar daging buah.

Michael Hansen, seorang ilmuwan senior di Consumer Reports, menegaskan pentingnya temuan ini, "Ini berguna untuk memahami bagaimana pestisida ini meresap. Ada kekhawatiran yang nyata. Jangan berpikir bahwa mencuci buah saja sudah cukup," katanya. (antara)

Editor: Riki Chandra

Tag:  #mencuci #buah #hilangkan #pestisida #fakta #penelitian #terbaru

KOMENTAR