Doa Setelah Sholat Tahajud yang Mustajab: Latin dan Artinya
Doa Setelah Sholat Tahajud yang Mustajab: Latin dan Artinya (Pexels)
19:39
11 Agustus 2024

Doa Setelah Sholat Tahajud yang Mustajab: Latin dan Artinya

Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang memiliki kedudukan istimewa dalam Islam. Dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir, sholat ini menjadi momen yang sangat mulia untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Setelah selesai, dianjurkan pula membaca doa sholat Tahajud.

Bagi mereka yang rutin melaksanakan sholat tahajud, terdapat berbagai keutamaan dan pahala yang luar biasa, termasuk doa-doa yang diijabah dan kedamaian hati yang mendalam.

Dalam Al-Quran, Allah SWT memerintahkan umat-Nya untuk melaksanakan sholat tahajud sebagai bentuk ibadah yang tulus. Sholat ini tidak hanya menjadi sarana untuk memohon ampunan dan keberkahan, tetapi juga sebagai cara untuk memperkuat ikatan spiritual dengan Sang Pencipta. Banyak ulama yang menekankan pentingnya sholat tahajud karena manfaat spiritual dan mental yang ditawarkannya.

Anjuran Sholat Tahjaud dalam Al Quran

Meskipun sholat Tahjaud adalah ibadah sunnah, namun pengerjaan sholat Tahajud sangat dianjurkan. Jal ini tertuang dalam Surat Al-Isra ayat 79 sebagai berikut.

Baca Juga: Teks Surat Yusuf Ayat 4 untuk Jodoh, Dibaca 7x Secara Rutin

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا - ٧٩

Wa minal-laili fa tahajjad bihī nāfilatal lak(a), 'asā ay yab'aṡaka rabbuka maqāmam maḥmūdā(n).

Artinya: "Pada sebagian malam lakukanlah salat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa annaqunqunquwqal haqquy Muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallama haqquw wassaa'atu haqq.

Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu wa maa anta ahiminilamu. antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Baca Juga: Isi Kandungan Surat Al Maidah Ayat 48 dan Asbabun Nuzul

Artinya:

"Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.

Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah."

Itulah bacaan doa sholat tahajud yang mustajab.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #setelah #sholat #tahajud #yang #mustajab #latin #artinya

KOMENTAR