Profil Airlangga Hartarto: Anak Menteri Orde Baru yang Mundur dari Ketum Golkar
Profil Airlangga Hartarto: Anak Menteri Orde Baru yang Mundur dari Ketum Golkar (ekon.go.id)
19:18
11 Agustus 2024

Profil Airlangga Hartarto: Anak Menteri Orde Baru yang Mundur dari Ketum Golkar

Airlangga Hartarto dikenal sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI dan juga Ketua Umum Partai Golkar sejak 2017. Namun, Airlangga Hartarto saat ini telah menyatakan mengundurkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Simak profil Airlangga Hartarto lebih lengkap di bawah ini.

Keputusan mengundurkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar dilakukannya dengan tujuan menjaga stabilitas transisi pemerintahan ke depan dan keutuhan Golkar. Saat ini beredar kabar bahwa Agus Gumiwang Kartasasmita ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar sampai pemilihan resmi Ketua Umum terpilih dilaksanakan.

Profil Airlangga Hartarto

Dikutip dari ekon.go.id, Airlangga Hartarto lahir di Surabaya pada 1 Oktober 1962. Ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada Kabinet Indonesia Maju, dilantik pada 23 Oktober 2019. Sebelumnya, Airlangga mengemban tugas sebagai Menteri Perindustrian periode 2016-2019 dalam Kabinet Kerja (reshuffle jilid ke-2).

Airlangga Hartarto menamatkan jenjang pendidikan sekolah menengah atas di SMA Kanisius Jakarta pada 1981. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan ke Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) mengambil jurusan Teknik Mesin. Ia lulus dengan gelar sarjana di tahun 1987.

Baca Juga: Airlangga Genggam Kedua Tangan Saat Umumkan Pengunduran Diri dari Ketum Golkar, Pertanda Apa?

Airlangga Hartarto kemudian melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat. Ia menempuh pendidikan master di The Wharton School, University of Pennsylvania, Philadelphia, USA pada 1993 dan juga mengambil gelar Master of Bussiness Administration (MBA) di Monash University, Australia tahun 1996. Ia juga lulus gelar master of Management Technology (MMT) Melbourne Business School University of Melbourne, Australia, 1997.

Airlangga Hartarto memiliki dua gelar Doctor Honoris Causa. Pertama gelar Doctor Honoris Causa di bidang Kebijakan Pembangunan dari The Korea Development Institute (KDI) School of Public Policy and Management, South Korea, tahun 2019. Kedua, gelar Doctor Honoris Causa di bidang Manajemen Olahraga dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada 2020.

Riwayat karier

Airlangga Hartarto merupakan putra dari Hartarto Sastrosoenarto, Menteri Perindustrian pada era Orde Baru. Sebelum terjun ke dunia politik, Airlangga lebih dulu tertarik dengan bisnis. Ia memulai karier di sektor industri.

Airlangga Hartarto pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT. Fajar Surya Wisesa Tbk, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur kertas. Dia juga berbisnis di bidang agraria (pupuk) dengan PT. Graha Curaha Niaga. Selain bergerak di bidang agraria, ia juga berbisnis di bidang alat berat dengan PT. Jakarta Prime Crane dan juga PT. Bisma Narendra. Ia juga pernah menjabat sebagai komisaris PT. Sorini Corporation Tbk.

Jejak karier politik Airlangga Hartarto dimulai sejak ia terpilih sebagai Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Periode 2004-2009. Kemudian ia mencalonkan diri sebagai anggota DPR periode tahun 2009-2014, daerah pemilihan Jawa Barat V. Ia lolos ke Senayan sebagai anggota DPR RI. Di tahun 2016, Airlangga Hartarto dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Perindustrian Kabinet Indonesia Kerja. Kemudian, di tahun 2017, Airlangga Hartarto terpilih sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Baca Juga: Jalan Airlangga Hartarto Duduki Kursi Ketua Umum Partai Golkar: Dari Intrik Berakhir Menukik

Airlangga Hartarto mengundurkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar terhitung sejak Sabtu, 10 Agustus 2024. Dalam siaran pernyataan pengunduran dirinya, Airlangga Hartarto menyinggung Partai Golkar sebagai partai besar, matang, dan dewasa akan segera menyiapkan mekanisme organisasi yang sesuai dengan ketentuan AD/ART yang masih berlaku. Ia menyampaikan agar demokrasi harus tetap dikawal dan dikembangkan terus menerus.

Demikian itu informasi profil Airlangga Hartarto sampai jejak karirnya. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #profil #airlangga #hartarto #anak #menteri #orde #baru #yang #mundur #dari #ketum #golkar

KOMENTAR