8 Tradisi Imlek di Indonesia: Bertabur Angpao hingga Kembang Api Merah
tradisi Imlek di Indonesia (freepik)
21:38
19 Januari 2024

8 Tradisi Imlek di Indonesia: Bertabur Angpao hingga Kembang Api Merah

Masyarakat Tionghoa dalam dalam waktu dekat akan merayakan Imlek. Saat Imlek, biasanya masyarakat Tionghoa di Indonesia akan menggelar beberapa tradisi. Adapun tradisi Imlek di Indonesia yakni sebagai berikut.

Diketahui, berdasarkan SKB 3 Menteri, perayaan Imlek 2575 Kongzili bertepatan dengan tanggal 10 Februari 2024. Dalam SKB 3 Menteri, perayaan Imlek 2024 juga tercatat sebagai Hari Libur Nasional.

Umumnya, saat tiba perayaan Imlek tiba, masyarakat Indonesia akan merayakan beberapa tradisi. Lantas, apa saja tradisi Imlek di Indonesia? Nah untuk lebih jelasnya, simak berikut ini ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Dekorasi Berwarna Merah

Salah satu tradisi Imlek yang biasa kita jumpai yaitu dekorasi berwarna merah baik di rumah-rumah maupun di tempat umum. Biasanya, dekorasi tersebut dilengkapi benda-benda sarat akan etnis Tionghoa, seperti koin China maupun lampion.

2. Membersihkan Rumah

Selain dekorasi warna merah, pada perayaan Imlek juga biasanya ada tradisi membersihkan rumah. Masyarakat Tinghoa memiliki kepercayaan bahwa membersihkan rumah sebelum perayaan Imlek dapat mendatangkan keberuntungan dan dijaduhkan dari keburukan.

3. Berbagi Angpao

Tradisi Imlek berikutnya di Indonesia yang cukup populer yaitu berbagi angpao. Adapun angpao ini merupakan amplop merah yang di dalamnya berisikan uang yang biasanya dibagikan kepada yang lebih muda atau belum menikah.

4. Menyalakan Kembang Api

Menyalakan kembang api juga jadi salah satu tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia saat tiba perayaan Imlek. Biasanya kembang api atau petasan pada perayaan Imlek ini dibuat menggunakan gulungan kertas warna merah.

5. Pertunjukan Barongsai

Tradisi berikutnya yang tak kalah populer di Indonesia saat tiba perayaan Imlek yaitu pertunjukan barongsai. Masyarakat Tionghoa mempercayai bahwa tarian barongsai ini dapat membawa kesejahteraan dan keberuntungan di tahun ini dan tahun yang akan datang.

7. Kumpul Bersama Keluarga

Kumpul bersama keluarga juga jadi salah satu tradisi masyarakat Tionghoa di Indonesia saat perayaan Imlek maupun saat merayakan hari-hari besar. Biasanya, mereka akan berkumpul dengan makan bersama pada malam Imlek, lalu sembahyang di klenteng.

8. Ibadah di Kuil

Beribadah di kuli juga menjadi tradisi yang masih sering dilakukan masyarakat Tionghoa di Indonesia. Biasanya, ibadah di kuil dilaksanakan pada hari ketiga Imlek. Selain untuk beribadah, di kuil juga biasanya ada kegiatan tarian budaya saat Imlek.

Demikian ulasan mengenai beberapa tradisi imlek di Indonesia yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #tradisi #imlek #indonesia #bertabur #angpao #hingga #kembang #merah

KOMENTAR