Perjalanan Karier Veddriq Leonardo, Cetak Rekor Dunia hingga Sabet Emas di Olimpiade Paris 2024
Perjalanan Karier Veddriq Leonardo, Cetak Rekor Dunia di Olimpiade Paris 2024 (instagram.com/ifsclimbing)
14:51
9 Agustus 2024

Perjalanan Karier Veddriq Leonardo, Cetak Rekor Dunia hingga Sabet Emas di Olimpiade Paris 2024

Atlet panjat tebing asal Indonesia, Veddriq Leonardo berhasil menyabet medali emas dalam final nomor speed putra di Le Bourget Sport Climbing Venue, Paris, Prancis pada Kamis (8/8/2024).

Veddriq berhasil mengalahkan lawannya, Wu Peng yang merupakan atlet asal China. Dalam laga final tersebut, Veddriq berhasil menang dalam waktu 4,75 detik sekaligus memecahkan rekor dunia sebagai atlet panjat tebing tercepat.

Veddriq pun keluar sebagai pemenang dalam cabor panjat tebing dan meraih medali emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Veddriq digadang-gadang akan mendapatkan bonus dari pemerintah Indonesia atas kemenangannya di cabor panjat tebing ini.

Baca Juga: Perak Angkat Besi Thailand di Olimpiade Jadi Pembuka Jalan Fakhri Husaini ke Eropa?

Perjalanan karier Veddriq sebelum meraih gelar juara dunia ini pun tak mudah. Ia mulai menyukai dunia panjat tebing sejak masih SMA.

Lalu, seperti apa perjuangan dari putra daerah Pontianak ini? Simak inilah selengkapnya.

Ketertarikan Veddriq dengan dunia panjat tebing mulai ditekuninya sejak masih duduk di bangku SMA. Saat itu, Veddriq mencoba untuk rutin latihan dan mengikuti kejuaraan tingkat lokal.

Kemampuan Veddriq pun membuatnya berhasil mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing 2017 di Yogyakarta. Saat itu, Veddriq belum dikenal banyak pelatih panjat tebing.

Veddriq psempat dipanggil untuk menjadi sparing partner dalam seleksi atlet panjat tebing Asian Games 2018. Penampilannya yang memukau membuat Veddriq dimasukkan ke tim panjat tebing Indonesia Asian Games 2018.

Baca Juga: Rizki Juniansyah Raih Emas Olimpiade, Bukti Cabor Angkat Besi Cukup Sukses

Hasilnya, Veddriq beserta timnya berhasil meraih medali emas di nomor speed relay. Namanya pun mulai diperhitungkan untuk bertanding di berbagai kejuaraan panjat tebing.

Veddriq pun disandingkan dengan atlet atlet panjat tebing kelas dunia lainnya.

Selama berkarier sebagai atlet panjat tebing, Veddriq telah berhasil meraih 6 medali emas IFSC World Championship, 2 medali perunggu IFSC World Championship, medali emas World Games 2022 Birmingham, serta medali perak di Asian Games 2022.

Kegigihan Veddriq pun berbuah manis. Ia berhasil menembus Olimpiade Paris 2024 dan menyabet medali emas dalam ajang bergengsi dunia tersebut. Bahkan, Veddriq juga memecahkan rekor dunia saat Olimpiade Paris 2024.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #perjalanan #karier #veddriq #leonardo #cetak #rekor #dunia #hingga #sabet #emas #olimpiade #paris #2024

KOMENTAR