Lirik Sholawat Bulan Safar untuk Tolak Bala dan Cara Mengamalkannya
Lirik Sholawat Bulan Safar untuk Tolak Bala dan Cara Mengamalkannya (freepik)
15:01
7 Agustus 2024

Lirik Sholawat Bulan Safar untuk Tolak Bala dan Cara Mengamalkannya

Bulan Safar merupakan bulan kedua dalam kalender Hijriyah, yang makna dan keistimewaannya sangat besar. Zaman dahulu, bulan Safar sering dianggap sebagai bulan yang tidak menguntungkan dan penuh kesialan, sehingga masyarakat enggan untuk melakukan apapun. Terlebih, sebagian besar ulama terdahulu juga beranggapan bahwa Allah SWT menurunkan banyak musibah di hari Rabu terakhir bulan Safar. Setiap tahun, menurut ulama ahli ma’rifat, akan turun 320.000 bala, di mana semuanya akan diturunkan pada hari Rabu terakhir bulan Safar.

Meski begitu, ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Bahkan, Nabi Muhammad SAW melakukan berbagai hal yang mulia pada bulan Safar, seperti menikahi Sayyidah Khadijah pada bulan Safar serta menikahkan Sayyidina Ali dan Sayyidah Fatimah az-Zahra di bulan Safar.

Nah, salah satu keutamaan bulan Safar yaitu penegasan dari Islam untuk menghapus keyakinan takhayul dan mitos kesialan yang dahulu melekat pada bulan ini. Nabi Muhammad SAW juga telah menekankan bahwa tidak ada bulan yang membawa kesialan, termasuk Safar.

Dengan menghapuskan mitos kesialan, maka bulan Safar menjadi waktu yang baik untuk memperkuat tawakal (kepercayaan penuh kepada Allah SWT) dan meningkatkan keimanan. Bulan Safar, seperti bulan-bulan lainnya, bisa menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk memperbanyak ibadah dan amal shaleh. Sebetulnya tidak ada ibadah khusus yang diwajibkan. Hanya saja umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah mereka, seperti shalat sunnah, puasa sunnah, membaca Al-Qur'an, berdzikir, hingga memperbanyak sholawat

Baca Juga: Teks Surat Yusuf Ayat 4 untuk Jodoh, Dibaca 7x Secara Rutin

Di bulan safar, sebagai seorang muslim tentunya kita tidak akan menutup kemungkinan untuk melakukan ibadah amal yang lebih besar, salah satunya adalah dengan sholawat mubrom.

Lirik dan Arti Sholawat Safar: Sholawat Mubrom

“Allaahumma sholli wa sallim alaa Sayyidinaa Muhammadin wadfa’ annaa minal balaa-il mubromi innaka alaa kulli syai-in qodiir”.

Artinya: “Ya Allah, Ya Tuhan kami. Sampaikanlah Rahmat dan keselamatan atas pemimpin kami Nabi Muhammad SAW, dan dengan bertawasul kepada kemuliaan Beliau hindarkan kami dari berbagai macam musibah dan malapetaka yang telah engkau pastikan, Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Keutamaan dan Cara Mengamalkan Sholawat Bulan Safar

Sholawat ini mengandung banyak sekali manfaat dan keutamaan di dalamnya, salah satunya adalah memperbanyak sholawat ini akan membuat kita terhindar dari bencana besar.

Selain itu, membaca sebanyak-banyaknya setiap hari agar terhindar dari berbagai macam bencana. Lalu, membaca seratus kali setiap hari dari tanggal 1 hingga tanggal tiga puluh Safar, kita dapat dijauhkan dari berbagai jenis bencana, baik besar maupun kecil. Sedangkan membaca 7 kali baik sebelum tidur atau saat bangun tidur untuk menghindari mimpi buruk. 

Baca Juga: Teks Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2024 Lengkap

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #lirik #sholawat #bulan #safar #untuk #tolak #bala #cara #mengamalkannya

KOMENTAR