Seru Banget, Ide Lomba 17 Agustus Anak SD yang Dijamin Bikin Ngakak!
Ilustrasi Anak Membawa Bendera - Ide Lomba 17 Agustus Anak SD (Freepik)
18:49
31 Juli 2024

Seru Banget, Ide Lomba 17 Agustus Anak SD yang Dijamin Bikin Ngakak!

Berbagai kegiatan bisa diadakan untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 tanggal 17 Agustus 2024. Berikut ini beberapa ide lomba 17 Agustus anak SD yang bisa jadi inspirasi untuk panitia penyelenggara.

Selain untuk memeriahkan hari kemerdekaan, lomba 17 Agustus juga jadi salah satu cara mengajarkan anak-anak dalam berkompetisi secara sehat dan sportif. Tak hanya itu, lomba 17 Agustus menjadi cara mengembangkan sikap kompetitif serta memahami pentingnya usaha dan kerja keras dalam meraih sebuah prestasi.

Lantas apa saja lomba 17 Agustus untuk anak SD? Agar tidak bingung, berikut ini daftar ide lomba buat persiapan 17 Agustus 2024 SD yang bisa jadi inspirasi.

Lomba 17 Agustus Anak SD

Baca Juga: Rayakan HUT Kemerdekaan RI, Ini Desain Cover Proposal 17 Agustus 2024 yang Bisa Di-download!

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ide lomba 17 Agustus anak SD yang sering digelar karena seru:

1. Lomba Balap Karung

Lomba balap karung memang biasa diadakan saat lomba 17-an. Lomba ini bisa melatih ketangkasan dan kecepatan anak, lho. Sebab, para peserta perlu melewati garis start sampai finish dengan cara melompat dengan posisi kaki dimasukkan dalam karung. 

2. Lomba Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk menjadi lomba 17 Agustus yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan, lomba ini sudah ada sejak era Presiden Soekarno di tahun 1950-an. Pada awalnya, kerupuk menjadi simbol kesengsaraan rakyat Indonesia ketika zaman penjajahan. Seiring berkembanganya zaman, kerupuk akhirnya dipilih sebagai makanan dalam lomba 17 agustus untuk mengenang kesengsaraan masyarakat  Indonesia di masa lampau.

Baca Juga: Ngakak Abis! 10 Lomba 17 Agustus Ibu-Ibu Ini Dijamin Bikin Perut Terkocok

Lomba makan kerupuk pun cukup mudah. Peserta diminta untuk menghabiskan kerupuk yang digantung pada seuntai tali rafia tanpa menyentuhnya. Sementara tangan diikat dibelakang.

3. Lomba Joget Balon

Lomba joget balon bisa dipilih untuk memeriahkan acara 17-an di lingkungan SD. Lomba ini sekaligus mengajarkan kita tentang kerjasama dalam satu tim. Cara bermainnya sangat mudah, yakni dua orang anak yang mengikuti lomba berdiri berhadapan dengan jarak dekat.

Lau, letakkan balon di antara kedua perut atau kepala peserta sehingga balon menjadi terhimpit. Kemudian, penitia bisa memutar sebuah lagu anak dan para peserta harus berjoget dan balon tidak boleh sampai jatuh.

4. Lomba Memecahkan Balon Air

Lomba memecahkan balon air terbilang sangat mudah dan sederhana. Hampir mirip dengan lomba makan kerupuk, anak-anak yang mengikuti lomba ini harus berdiri di bawah balon yang digantung. Yang menjadi tantangan, mata harus ditutup kain. Sehingga peserta harus jeli ketika memecahkan balon menggunakan kayu. 

5. Lomba Balap Kelereng

Kelereng merupakan bola kecil yang terbiat dari kaca. Nah, dalam lomba  17 Agustus, peserta harus menggunakan kelereng yang diletakkan di atas sendok. Kemudian, setiap anak menggigit sendoknya di mulut dan berjalan dari garis start menuju finish dengan catatan kelereng tidak terjatuh.

6. Lomba Memindahkan Air Menggunakan Spons

Lomba memindahkan air menggunakan spons bertujuan untuk memindahkan volume air dari sebuah wadah ke wadah lainnya. Lomba sat ini diperuntukkan untuk permainan individu. Pemenangnya yaitu anak yang berhasil mengumpulkan air dengan volume paling banyak ke dalam wadah kedua.

7. Lomba Balap Bakiak

Lomba balap bakiak menjadi ide lomba buat 17 Agustus 2024 untuk anak SD selanjutnya. Bakiak merupakan lomba beregu yang cukup sulit lantaran mengharuskan setiap peserta berjalan kompak untuk bisa mencapai garis finis.

Apabila kerja sama kelompok tidak terbangun baik, maka peserta akan jatuh dan dinyatakan kalah. Biasanya, bakiak yang digunakan untuk lomba 17 Agustus berbentuk polos dan digunakan oleh 3 sampai 4 orang.

Agar tak bosan, cobalah untuk memodifikasi bakiak dengan menambahkan benjolan seperti yang ada pada sandal refleksi. Dengan demikian, lomba balapan bakiak bakal lebih menantang dan meriah.

8. Lomba Menangkap Belut

Selanjutnya, panitia 17-an juga bisa mengadakan lomba dengan melibatkan belut. Lomba 17 agustusan ini tidak hanya unik, namun juga seru lantaran anak-anak perlu menangkap belut di sebuah ember untuk dipindahkan ke ember lain.

9. Lomba Memasukkan Pensil ke Dalam Botol

Nah, lomba satu ini hanya perlu menyediakan peralatan sederhana seperti pensil dan botol kosong. Para peserta diminta berdiri di garis start dengan pensil yang telah dikaitkan di pinggang menggunakan tali. 

Apabila wasit meniup peluit, maka peserta bisa langsung berlari ke garis finish, kemudian masukkan pensil yang digantung ke botol kosong. Pemenangnya yaitu peserta yang berhasil memasukkan pensil ke dalam botol terlebih dahulu.

10. Lomba Mengambil Koin di Tepung

Lomba 17 Agustus anak SD yang satu ini terkenal sangat unik, sebab pesertanya harus mengumpulkan koin yang ditimbun dengan tepung di dalam wadah. Para peserta hanya boleh mengumpulkan koin-koin menggunakan mulut. Pemenangnya yaitu anak yang berhasil mengambil koin terbanyak.

11. Lomba Mengumpulkan Bola Berdasarkan Warna

Seperti namanya, lomba ini mengharuskan peserta mengumpulkan bola yang memiliki warna sama di sebuah wadah. Anak yang berhasil mengumpulkan banyak bola dengan warna sama dalam waktu tercepat, maka ia yang menang.

12. Lomba Menggambar Bendera Indonesia

Berikutnya, panitia bisa menyelenggarakan lomba 17 Agustus untuk anak SD dengan menggambar bendera Indonesia. Selain melatih kreativitas, lomba ini juga bisa menanamkan rasa cinta kepada tanah air, lho.

13. Lomba Menyanyi Lagu Nasional

Ide lomba 17 Agustus untuk siswa SD lainnya adalah lomba menyanyi lagu nasional. Ajang kompetisi satu ini sebenarnya juga bisa diadakan oleh berbagai kalangan usia.

Cara mainnya, panitia menentukan daftar lagu nasional yang bisa dibawakan oleh peserta terlebih dahulu. Siapkan media pendukung seperti mikrofon, sound system, dan pentas kecil maupun ruangan memadai seperti teras rumah yang dirapikan menjadi panggung.

14. Lomba Cerdas Cermat Kebangsaan

Lomba cerdas cermat kebangsaan bisa dipilih dengan tujuan untuk menunjukkan kecerdasan dan pengetahuan mereka terkait berbagai hal tentang kebangsaan Indonesia. Lomba cerdas cermat ini tidak hanya menguji kemampuan akademik, namun juga bisa memperkuat rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme dalam diri para generasi muda.

15. Lomba Melukis

Ide lomba 17 Agustus anak SD yang terakhir adalah lomba melukis. Kompetisi ini dapat menunjukkan kreativitas serta estetika melalui hasil yang dikerjakan oleh para peserta.

Panitia dapat menyiapkan media lomba seperti kanvas, kuas, serta tinta. Selanjutnya, penilaian dilakukan secara langsung oleh panitia maupun juri yang memang ahli di bidangnya.

Itu tadi beberapa ide lomba 17 Agustus anak SD yang bisa jadi inspirasi. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #seru #banget #lomba #agustus #anak #yang #dijamin #bikin #ngakak

KOMENTAR