Merayakan Hari Kebaya Nasional, Forkom PPBN Gelar Acara 1000 Perempuan Berkebaya
Acara Pentas Seni dan Budaya Nusantara 1000 Perempuan Berkebaya di Sleman City Hall, DI Yogyakarta pada Minggu (28/7/2024) (Suara.com/Dita Alvinasari)
18:26
28 Juli 2024

Merayakan Hari Kebaya Nasional, Forkom PPBN Gelar Acara 1000 Perempuan Berkebaya

Forum Komunikasi Perempuan Pelestari Budaya Nusantara (Forkom PPBN) menggelar acara Pentas Seni dan Budaya Nusantara 1000 Perempuan Berkebaya di Sleman City Hall, DI Yogyakarta pada Minggu (28/7/2024).

Acara ini digelar untuk memperingati Hari Kebaya Nasional ke-1 yang jatuh pada Rabu (24/7/2024) lalu. Hal ini sesuai dengan isi Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh. Meliputi Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lhaksmi Pratiwi, dan lainnya.

Acara Pentas Seni dan Budaya Nusantara 1000 Perempuan Berkebaya di Sleman City Hall yang digelar pada Minggu (28/7/2024) (Suara.com/Dita Alvinasari)Acara Pentas Seni dan Budaya Nusantara 1000 Perempuan Berkebaya di Sleman City Hall yang digelar pada Minggu (28/7/2024) (Suara.com/Dita Alvinasari)

Acara ini dibuka dengan tarian pembuka dan panahan dari KKB Kabupaten Malang. Dilanjut sambutan Ketua Panitia Tanti, Ketua Forkom PPBN Diah Yulianna, Tim Kebaya Nasional Lusi, dan Bupati Sleman.

Baca Juga: Srikandi Pegadaian Resmi di Kukuhkan Tepat di Hari Kebaya Nasional

Dalam sambutannya, Tanti menjelaskan jika acara Pentas Seni dan Budaya Nusantara 1000 Perempuan Berkebaya digelar sebagai bentuk apresiasi untuk para pelaku pelestari budaya.

Hal ini karena kebudayaan diharapkan dapat menjadi daya tarik untuk wisatawan menelusuri sekaligus menikmati keindahan alam, seni, dan budaya di Tanah Air.

Pertunjukan tarian di acara Pentas Seni dan Budaya Nusantara 1000 Perempuan Berkebaya di Sleman City Hall, DI Yogyakarta pada Minggu (28/7/2024)Pertunjukan tarian di acara Pentas Seni dan Budaya Nusantara 1000 Perempuan Berkebaya di Sleman City Hall, DI Yogyakarta pada Minggu (28/7/2024) (Suara.com/Dita Alvinasari)

"Acara ini adalah bentuk terima kasih dan penghargaan bagi seluruh insan pelestari budaya Indonesia," kata Tanti ketika memberikan sambutan di acara peringatan Hari Kebaya Nasional ke-1.

"Kebudayaan di Tanah Air diharapkan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menjelajahi dan menikmati keindahan alam, seni, dan budaya Indonesia," imbuhnya.

Tanti membeberkan apabila acara ini akan diisi oleh pertunjukan seni berupa tarian dan musik. Serta pemberian apresiasi kepada sejumlah lansia berkebaya mandiri.

Baca Juga: Dimeriahkan Ratusan UMKM, Presiden Jokowi dan Iriana Buka Peringatan Hari Kebaya Nasional 2024

Pemberian apresiasi terhadap lansia berkebaya mandiri di acara Pentas Seni dan Budaya Nusantara 1000 Perempuan Berkebaya di Sleman City Hall, DI Yogyakarta pada Minggu (28/7/2024)Pemberian apresiasi terhadap lansia berkebaya mandiri di acara Pentas Seni dan Budaya Nusantara 1000 Perempuan Berkebaya di Sleman City Hall, DI Yogyakarta pada Minggu (28/7/2024) (Suara.com/Dita Alvinasari)

"Acara ini menampilkan berbagai kesenian nusantara dan pemberian apresiasi kepada perempuan-perempuan lansia berkebaya mandiri," terang Tanti.

Ketua panitia acara Pentas Seni dan Budaya Nusantara 1000 Perempuan Berkebaya ini juga menerangkan apabila acara ini diharapkan bisa menjadi alat untuk melestarikan budaya di Tanah Air.

"Acara ini diharapkan juga dapat melestarikan nilai budaya luhur dan membuka peluang untuk masa depan," beber Tanti.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #merayakan #hari #kebaya #nasional #forkom #ppbn #gelar #acara #1000 #perempuan #berkebaya

KOMENTAR