Bukan Cuma Panas, Perubahan Iklim Bikin Kulit Cepat Tua! Ini Cara Mencegahnya
Ilustrasi penuaan dini, keriput, akibat perubahan iklim. (Shutterstock)
12:30
25 Juli 2024

Bukan Cuma Panas, Perubahan Iklim Bikin Kulit Cepat Tua! Ini Cara Mencegahnya

Ketika suhu global meningkat dan pola cuaca menjadi lebih ekstrem, kulit kita menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Menurut penelitian dari United Nations Environment Programme (UNEP), perubahan iklim mengubah ketersediaan air dan tingkat kelembapan, yang merupakan faktor penting dalam menjaga hidrasi dan kesehatan kulit.

Pergeseran lingkungan ini dapat menyebabkan peningkatan kekeringan, sensitivitas, dan penuaan dini pada kulit. Simak penjelasan lengkapnya seperti dikutip Suara.com dari laman National Institutes of Health (NIH), Kamis (25/7/2024) berikut ini yuk:

Penuaan Dini

Paparan sinar UV yang berlebihan akibat kerusakan lapisan ozon menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin, sehingga kulit menjadi lebih cepat keriput dan muncul garis-garis halus.

Baca Juga: Gatal-Gatal dan Rambut Rontok? Kenali Tanda Anabul Butuh Perawatan Kulit

Ilustrasi Tanda Penuaan Dini akibat perubahan iklim. (pixabay)Ilustrasi Tanda Penuaan Dini akibat perubahan iklim. (pixabay)

Kanker Kulit

Sinar UV juga merupakan penyebab utama kanker kulit. Meningkatnya intensitas sinar matahari meningkatkan risiko terkena melanoma dan jenis kanker kulit lainnya.

Kulit Kering

Perubahan suhu dan kelembapan yang ekstrem dapat membuat kulit menjadi kering, bersisik, dan mudah iritasi.

Eksim dan Psoriasis

Baca Juga: Anti Crack! Ini 3 Cushion Dewy Finish untuk Kulit Kering, Harga Rp70 Ribuan

Kondisi kulit inflamasi seperti eksim dan psoriasis dapat kambuh atau memburuk akibat perubahan cuaca, terutama pada cuaca yang sangat panas atau dingin.

Infeksi Kulit

Cuaca yang hangat dan lembap menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab infeksi kulit.

Alergi Kulit

Peningkatan polutan udara akibat perubahan iklim dapat memicu reaksi alergi pada kulit yang sensitif.

Karena dampak perubahan bagi kulit ini tidak bisa dianggap remeh, maka pencegahan harus dilakukan sedini mungkin untuk mencegah munculnya efek yang lebih parah. Langkah-langkah pencegahan yang bisa diambil antara lain:

Lindungi Kulit dari Matahari

Selalu gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, kenakan pakaian pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam, serta hindari paparan sinar matahari langsung pada jam-jam puncak.

Jaga Kelembapan Kulit

Gunakan pelembap secara teratur, terutama setelah mandi atau mencuci muka.

Gunakan Produk Perawatan Kulit

Trevor Kuna, Chief of Marketing at QNET, menekankan bahwa perawatan kulit dalam iklim yang berubah cepat saat ini bukan hanya tentang kecantikan, tetapi juga tentang perlindungan dan ketahanan. Produk-produk perawatan kulit QNET memberikan manfaat signifikan dalam mengatasi tanda-tanda penuaan yang terlihat dan ancaman tak terlihat dari faktor lingkungan.

Dengan teknologi canggih dan formula khusus, Physio Radiance Visage+ dan QMEN’S Series membantu menjaga kulit tetap sehat, bercahaya, dan terlindungi dari efek buruk perubahan iklim.

Physio Radiance Visage+ dirancang untuk melawan masalah kulit akibat perubahan iklim dengan mengintegrasikan empat teknologi berbeda, yakni Electrical Muscle Stimulation (EMS), Radiofrekuensi (RF), Chromotherapy (Terapi Cahaya), dan Teknologi Galvanik.

Sementara QMEN’S Series adalah rangkaian perawatan wajah yang diformulasi khusus untuk pria, dirancang untuk melawan masalah kulit sehari-hari yang umum dihadapi di mana saja dan kapan saja. "QMEN’S Series terdiri dari 3 langkah produk, yaitu Facial Cleanser untuk mengangkat kotoran & membersihkan kulit anda dari polutan, Day Cream With UV Filter untuk melawan polusi udara yang merusak dan sinar uv yang berbahaya untuk melindungi kulit, serta Facial Serum untuk mengatur pertahanan alami kulit anda untuk mencegah jerawat, bintik hitam, dan kerusakan kulit,” tutup Ganang Rindarko, General Manager QNET Indonesia, dalam keterangan yang diterima Suara.com.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #bukan #cuma #panas #perubahan #iklim #bikin #kulit #cepat #cara #mencegahnya

KOMENTAR