Sepak Terjang Kamala Harris Capres AS Pengganti Joe Biden: Profil, Pendidikan, Karier
Kamala Harris dan Joe Biden (Instagram/kamalaharris)
15:11
22 Juli 2024

Sepak Terjang Kamala Harris Capres AS Pengganti Joe Biden: Profil, Pendidikan, Karier

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden resmi mundur dari pencalonan capres di Pemilu AS November 2024. Sebagai gantinya, Joe Biden mempromosikan Wakil Presiden AS Kamala Harris sebagai kandidat penggantinya dari Partai Demokrat.

Dengan mundurnya Biden, Kamala Harris akan bersaing dengan Donald Trump dari Partai Republik untuk memperebutkan kursi orang nomor satu di AS.

Mengenai itu, menarik untuk melihat riwayat pendidikan dan karier Kamala Harris. Terlebih jika Harris memenangkan Pilpres AS, maka ia akan mencetak sejarah sebagai perempuan pertama yang menjadi Presiden AS.

Kiprah Kamala Harris di pemerintahan AS pun tak perlu diragukan. Sejak berkolaborasi dengan Joe Biden, Kamala menjadi wanita kulit hitam pertama yang berhasil menduduki jabatan sebagai Wakil Presiden AS sepanjang sejarah.

Baca Juga: Donald Trump Sebut Joe Biden Bisa Jadi Presiden Amerika Serikat Karena Kebohongan

Riwayat Pendidikan dan Karier Kamala Harris

Kamala Harris (Instagram/kamalaharris)Kamala Harris (Instagram/kamalaharris)

Pemilik nama lengkap Kamala Devi Harris ini lahir di California pada tanggal 20 Oktober 1964. Perempuan keturunan India dan Amerika ini berasal dari keluarga akademis.

Sejak kecil, Kamala sudah dikenalkan oleh keluarganya dalam kehidupan dinamis dengan berbagai budaya di lingkungannya.

Kamala sendiri adalah lulusan dari salah satu sekolah dasar berbahasa Perancis, yaitu Notre-Dame-des-Neiges. Harris kemudian pindah ke di Montreal, Kanada mengikuti orang tuanya. Di sana, ia melanjutkan pendidikan setara SMP di sekolah seni menengah bernama FACE.

Usai lulus, Kamala melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA di Westmount High School Kanada. Ia kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Howard University dengan mengambil jurusan ilmu politik dan ekonomi. Kamala pun lulus dan meraih gelar ilmu politik pada tahun 1986.

Baca Juga: Hormati Keputusan Mundur dari Arena Pilpres, Pimpinan Eropa Sebut Joe Biden Mitra Yang Baik

Tak puas dengan gelar Sarjana Politik, Kamala memutuskan untuk mengambil kembali program sarjana jurusan Ilmu Hukum di University of California, Hastings College of the Law. 

Pasca lulus dari University of California, Kamala mengawali kariernya sebagai wakil jaksa wilayah di Alameda County, California.

Sepanjang hidupnya, Kamala berhasil meraih karier cemerlang. Beberapa jabatan strategis sempat diembannya, seperti :

  • Jaksa Wilayah San Fransisco AS (2004 - 2011)
  • Jaksa Agung California (2011-2017)
  • Senat Amerika Serikat (2017-2021)
  • Calon presiden AS (2020-2021)
  • Wakil Presiden AS (2021-2024)

Joe Biden Mundur, Kamala Harris Maju 

Kamala Harris dan Joe Biden (Instagram/kamalaharris)Kamala Harris dan Joe Biden (Instagram/kamalaharris)

Presiden AS saat ini, Joe Biden telah mengumumkan kemundurannya dari nominasi capres AS pada Minggu (21/7/2024) waktu setempat. Pengumuman ini langsung mengguncang dunia. Kata kunci Biden bahkan langsung menjadi trending topic di X.

"Rekan-rekan Demokrat (rakyat), saya telah memutuskan untuk tidak menerima nominasi (capres) tersebut dan ingin mengerahkan seluruh energi saya dalam tugas saya sebagai presiden di sisa masa jabatan saya," tulis Biden melalui akun X pada Minggu (21/7/2024).

Tak hanya itu, Biden juga mengungkapkan dukungannya terhadap Kamala Harris sebagai capres AS. Biden mengatakan, keputusan menjadikan Kamala Harris sebagai Wakil Presiden AS adalah keputusan terbaiknya.

"Keputusan saya sebagai calon presiden pada tahun 2020 adalah memilih Kamala Harris sebagai wakil presiden saya. Dan itu menjadi keputusan terbaik yang pernah saya buat," lanjut Biden dalam pernyataannya.

Dukungan Biden ini langsung direspons dengan baik oleh Kamala. Ia optimis dapat mengalahkan Donald Trump dalam Pilpres AS mendatang.

"Saya merasa terhormat dengan adanya dukungan dari presiden dan saya berharap bisa memenangkan nominasi ini. Saya akan melakukan segala upaya untuk dapat menyatukan Partai Demokrat dan menyatukan bangsa kita demi mengalahkan Donald Trump," ungkap Kamala melalui AFP pada Senin (22/7/2024).

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #sepak #terjang #kamala #harris #capres #pengganti #biden #profil #pendidikan #karier

KOMENTAR