Bukan Kaleng-kaleng! Meja Kerja Gibran Penuh Mainan Sultan, Harganya Fantastis!
Koleksi Mainan Mahal di Meja Kerja Gibran (YouTube/Solo Times)
13:33
19 Juli 2024

Bukan Kaleng-kaleng! Meja Kerja Gibran Penuh Mainan Sultan, Harganya Fantastis!

Terdapat momen unik ketika mantan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memberesi meja kerjanya di Balai Kota Solo. Bagaimana tidak, di atas meja kerja yang telah digunakan sekitar lima tahun lebih itu terdapat puluhan koleksi mainan. Ini dia macam-macam koleksi mainan mahal di meja kerja Gibran dan harganya.

Seperti yang diketahui, Gibran Rakabuming Raka secara resmi telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo menjelang pelantikan Wakil Presiden RI pada Oktober mendatang. Gibran menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada pimpinan DPRD Kota Solo, pada hari Selasa 16 Juli 2024 lalu.

Seusai menghadap pimpinan DPRD Solo, putra sulung Presiden Joko Widodo itu pun langsung menuju Balai Kota Solo untuk mengemasi barang-barang pribadinya. Namun di momen tersebut warganet dibuat gagal fokus dengan tumpukan mainan yang kemudian ia kemasi satu persatu ke dalam kardus. Mulai dari 13 kotak Tamiya, Lego, dua patung kucing hoki, dan lain sebagainya. 

Ternyata tak hanya mainan saja, ada pula berbagai patung action figure yang menemani Gibran selama  berkantor di Balai Kota Solo. Sangking banyaknya mainan yang dikoleksi, bahkan ia mengaku kesulitan untuk memilih satu mainan favoritnya.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Ternyata Tak Pernah Ambil Gaji, Berapa Gaji dan Tunjangan Wali Kota Solo?

Puluhan mainan koleksi Gibran Rakabumin ini sempat viral di media sosial. Tak sedikit warganet yang terkejut ketika mengetahui fakta bahwa Wakil Presiden RI terpilih itu ternyata hobi mengoleksi mainan mahal. Apalagi sebagian besar mainan yang jadi koleksinya terinspirasi dari anime populer asal Jepang. Berikut Suara.com rangkumkan deretan koleksi mainan Gibran Rakabuming dan perkiraan harganya:

1. Tamiya

Koleksi mainan Gibra yang sukses menarik perhatian netizen yaitu tumpukan box Tamiya yang dikenal dengan model kit mini 4WD-nya. Mainan ini bahkan sempat populer pada awal tahun 2000-an karena kualitas serta tampilannya yang sangat mirip sehingga sangat membuat para pencinta mini 4WD ingin mengoleksinya.

Apalagi usai serial anime Let’s & Go booming di dunia. Kala itu, tmiya menjadi primadona anak-anak hingga orang dewasa. Setidaknya ada 13 box tamiya yang terdapat di atas meja kerja Gibran. Ini belum termasuk koleksi Tamiya yang sudah dirakit dan didisplay di box khusus lho.

Untuk harga satu box Tamiya model kit mini 4WD sendiri berkisar antara Rp.200 ribu-Rp.2 juta.

2. Funko pop

Funko Pop menjadi koleksi mainan Gibran Rakabuming Raka lainnya. Produk mainan berbahan vinyl ini terinspirasi dari pop culture. Tampak dalam video, Gibran terlihat mengoleksi 2 buah character Funko pop dari anime Demon Slayer, antara laim Tanjiro Kamado dan Kyojuro Rengoku. Harga Funko Pop berkisar Rp.400 - Rp.1,5 juta.

Baca Juga: Boyong dari Balai Kota, Isi Meja Kerja Gibran Rakabuming Bikin Salfok: Udah Dulu Mainnya ...

Memang sudah menjadi rahasia umum jika Wakil Presiden Terpilih RI ini sangat menggemari anime. Hal ini bisa dilihat ketika masa kampanye dan debat Pilpres beberapa waktu lalu. Gibran kerap kali mengenakan jaket atau kaos di mana desainnya terinspirasi dari anime Boruto.  

3. Bearbrick

Dari segi harga, Bearbrick memang sedikit lebih mahal dibandingkan Tamiya atay Funko Pop. Mainan jenis Bearbrick yang dikoleksi Gibran pun diketahui mempunyai desain yang cukup beragam. Mulai dari desain karakter Pokemon (ada squirtle serta charizard), sampai ada pula karakter dari anime Slam Dunk, Sakuraba. 

Diketahui, harga satu buah bearbick berkisar antara Rp300.000 hingga puluhan juta rupiah. Hal ini tergantung dari jenis, ukuran dan kelangkaannya (limited edition).

4. Lego

Gibran ternyata juga gemar mengoleksi Lego. Meskipun ukurannya terbilang sangat kecil dan harus dirakit terlebih dahulu. Dari segi harga mainan yang satu ini terbilang lumayan mahal. Satu kota lego biasanya dibanderol seharga Rp200.000 sampai jutaan rupiah, tergantung katakter, ukuran dan kelangkaannya. 

Diketahui Gibran Rakabumin mengoleksi jenis Lego edisi Toy Story, Star Wars, dan masih banyak lagi. 

Dalam kesempatan itu, Gibran juga mengungkapkan bahwa dirinya enggan menunda untuk mengemasi barang pribadinya lantaran tidak mau menghambat pekerjaan dari Wali Kota Solo penggantinya. Sedangkan, untuk barang-barang lain yang ada di rumah dinas Wali Kota Solo atau Loji Gandrung diakui Gibran telah dikemasi.

Sementara untuk kucing-kucing yang sempat ia adopsi selama menjabat sebagai orang nomor 1 di Kota Solo, Gibran mengaku hanya mengadopsi sepasang kucing aja yang kini sudah beranak dan totalnya terdapat 4 kucing.

Demikian tadi macam-macam koleksi mainan mahal di meja kerja Gibran dan harganya. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bukan #kaleng #kaleng #meja #kerja #gibran #penuh #mainan #sultan #harganya #fantastis

KOMENTAR